blank
Tim Speed Relay Putri Jateng, Aries Susanti Rahayu, Agustina Sari, dan Berthdigna Devi Surya Kusuma, berfoto bersama usai pengalungan medali. Foto: dok/ist

MIMIKA (SUARABARU.ID)– Tim Panjat Tebing Jawa Tengah, memboyong dua medali emas sekaligus, dari nomor Speed Relay Putra dan Putri, pada ajang PON XX/Papua, di Arena Panjat Tebing SP2 Mimika, Kamis (7/10/2021).

Ketua Umum Pengprov FPTI Jateng, Abdul Hamid mengatakan, pencapaian medali emas itu merupakan penantian yang sangat panjang.

”Hasil di PON ini merupakan penantian yang sangat panjang. Dimulai dari tanggal 27 September, kami belum mendapatkan medali emas satu pun. Baru satu perak dan tiga perunggu,” ujar Hamid, dalam keterangannya usai lomba.

BACA JUGA: Peluang Tim Voli Putra Jateng ke Final Tertutup

Kali ini, kedua medali emas itu diperoleh Jateng pada pertandingan final melawan Jawa Timur, untuk nomor Speed Relay Putra dan kemenangan atas Nusa Tenggara Barat untuk nomor Speed Relay Putri.

Untuk nomor Speed Relay Putra, Jateng menurunkan tiga atletnya, Kiromal Katibin, Alfian Muhammad Fajri dan Aditya Tri Syahria. Trio Jateng ini berhasil mengalahkan regu Jatim yang diperkuat Rahmad Adi Mulyono, Rindi Sufriyanto dan Fatchur Roji.

Dalam nomor Speed Relay, masing-masing anggota regu akan saling beradu cepat memencet tombol penghentian pengatur waktu (timer), di puncak tebing yang berada pada jalur masing-masing secara bergantian.

blank
Tim Speed Relay Putra Jateng, Kiromal Katibin, Alfian Muhammad Fajri dan Aditya Tri Syahria. Foto: dok/ist

BACA JUGA: Gorontalo Kembali Jegal Jateng Raih Medali Emas Cabor Sepak Takraw

Pertandingan berakhir lebih cepat, karena di awal pertandingan beregu itu Rahmad Adi dari Jatim terjatuh saat start melawan Alfian Muhammad Fajri, yang turun pertama untuk mewakili regu Jateng.

Alhasil, pemanjat setelah Alfian, Aditya dan Kiromal Katibin hanya tinggal menjaga momentum, agar tidak terjatuh untuk bisa menyelesaikan pertandingan.

Regu panjat tebing putra Jateng pun dinobatkan sebagai pemenang dengan catatan waktu di final 17,366 detik.

BACA JUGA: Manajer Tim Senam Jateng Masih Berharap Medali di Nomor Serba Alat

Sementara untuk nomor Speed Relay Putri, Jateng menurunkan tiga atlet, Aries Susanti Rahayu, Agustina Sari, dan Berthdigna Devi Surya Kusuma. Aries dkk mengalahkan tim Nusa Tenggara Barat yang diperkuat Nurul Iqamah, Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani.

Anggun yang memanjat pertama dari NTB hampir terjatuh, karena kaki tergelincir. Akibatnya dia ketinggalan dari lawannya, dan Aries mampu melesat cepat sejak start sampai ke puncak dengan catatan waktu 7,355 detik. Aries unggul 3,5 detik dari Anggun, yang mencatatkan waktu 10,913 detik.

Hasil itu menjadi keuntungan bagi penampil Jateng berikutnya, Berthdigna dan Agustina Sari. Duo ini mampu memenangkan pertandingan dengan catatan waktu 25,244 berbanding 34,543 detik.

Menanggapi hasil itu, Pengprov FPTI Jateng mengaku bangga, kepada atlet-atletnya mampu tampil all out. ”Semua ini menjadi suatu kebanggaan, dari penantian selama sepuluh hari bertanding,” ungkap Hamid.

Riyan