blank
Kontingen SMPN 1 Jepara dalam FLSN2N raih prestasi membanggakan

JEPARA (SUARA BARU.ID) – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh SMP N 1 Jepara  dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kabupaten tahun 2024. Sekolah ini kembali berhasil keluar sebagai juara umum setelah mengumpulkan perolehan piala terbanyak, mengungguli puluhan sekolah lain yang turut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Acara yang digelar di aula Dinas Dikpora         Jepara 23 April 2024 ini  diikuti oleh siswa-siswa berbakat di bidang seni dari berbagai sekolah. Ada 6 cabang seni yang dilombakan  yaitu Kreasi Musik Tradisional, Menyanyi Solo, Tari Kreasi Baru, Anssamble Musik, Pantomim, dan Ilustrasi.

blank
Kontingen SMPN 1 Jepara dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kabupaten tahun 2024

Pada gelaran lomba ini SMPN 1 Jepara menunjukkan performa gemilang dengan memperoleh juara  di semua cabang lomba. Prestasi juara 1 diraih  Tari Kreasi Baru (Namira Reinata Rastaniwa, Zafira Hasna Ramadhani, Nada Hilma Salsabila), Pantomim (Putu Soka Dejavu Achmad dan Bima Dwi Cahya), Ilustrasi (Ayunindya Michele Areeta).

Sedangkan predikat juara 2 diraih dalam lomba Menyanyi Solo (Eugenia Servinatalia Djuang), Kreatifitas Musik Tradisional (Rizal, Davin, Mijil, Venuzy, Felish), dan  Anssambel Musik (Aulia Zefanya Putri, Rizqhi, Fitriani Nur Sebira, Niken Rizqita Hanun)

FLS2N merupakan ajang kompetensi kreativitas siswa di bidang seni. Karena itu  SMPN 1 Jepara telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan seni dan budaya di Kabupaten Jepara. Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras, berlatih, dan dedikasi tinggi  para siswa, guru pembimbing, pelatih dan orang tua, serta komite sekolah yang terlibat dalam mempersiapkan tim SMP N 1 Jepara dalam FLS2N.

blank
Kontingen SMPN 1 Jepara dalam FLS2N raih juara umum

“Kami bersyukur ke hadirat Allah dan sangat berbahagia dengan pencapaian ini. Ini merupakan bukti bahwa SMPN 1 Jepara memiliki kemampuan membangun pembinaan dan pengembangan bakat dari banyak talenta siswa di bidang seni. Kami berharap prestasi ini dapat di lanjutkan ketingkat Propinsi Jawa Tengah sebagai Duta Jepara,” ujar  Kepala Sekolah SMPN 1 Jepara Basuki, S.Pd saat wawancara dengan suarabaru.id, Selasa (23/4-2024). Ia  didampingi Suyanto S.Pd. ( Wakasek Kesiswaan) dan Hari Suprianto, S.Pd. ( Ketua Tim sukses FLS2N)

Menurut Basuki, prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi  bagi siswa lain untuk terus meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik. Juga menjadi inspirasi sekolah lain untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan pembinaan berbagai bakat siswa. “Bravo Kurikulum Merdeka, Espentura Jaya!!!,” ujarnya bangga. Kini kami harus menyiapkan abak-anak untuk mewakili Jepara mau dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah, tambahnya

Sementara Suyanto, Waka Kesiswaan SMPN 1 Jepara mengucapkan selamat kepada siswa-siswa yang telah mengharumkan nama espentura. “Luar biasa dari enam kategori yang dilombakan semuanya berhak maju ke tingkat provinsi. “Kritis, melangkah, dan tekun adalah tiga kata kunci untuk keberhasilan siswa espentura mendapatkan hasil terbaik,” uangkapnya.

Salah satu pembina lomba sekaligus pelatih tari, Ani Sulasmi juga merasa bangga dengan anak-anak yang antusias dan semangat dalam berlatih. “Sebagai guru seni tari kami ingin mengembangkan minat dan bakat anak dalam menari agar seni tari tidak punah. Kami bersyukur SMPN 1 Jepara memiliki komitmen kuat  nguri-uri kebudayaan Jawi,” ujarnya

Hadepe – Warsih