blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara Akhsan Mukhyiddin menyebut, sebanyak 1.414 jemaah calon haji asal Kabupaten Jepara, diperkirakan akan mulai berangkat ke tanah suci pada 30-31 Mei 2024. Selasa (23/4/2024) kemarin, Kementerian Agama Kabupaten Jepara mulai memberi bimbingan manasik haji tingkat kabupaten kepada mereka.
Menurut Akhsan Mukhyiddin, dari 1.414 jemaah calon haji, 318 orang di antaranya lanjut usia (lansia). Ia menjelaskan, jumlah tersebut sudah termasuk petugas yang akan mendampingi selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci yaitu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan Petugas Haji Daerah (PHD). Ia menambahkan, ada 614 calon jemaah haji laki-laki dan 800 jemaah haji perempuan.
Calon jemaah tertua berusia 98 tahu dari Cepogo, Kembang dan termuda umur 19 tahun
‘”Jamaah yang berusia di atas 61 tahun ada 466 orang, sehingga petugas haji harus siap bekerja maksimal dalam pelayanan haji tahun 2024,” ujar Kakan Kemenag dalam kegiatan yang dihadiri oleh Forkopimda, IPHI, tokoh masyarakat, dan para pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara. Bimbingan itu dibuka oleh Pj. Bupati Jepara yang diwakili Staf Ahli Bupati, Rini Patmini.

blank
Rini Patmini meminta calon jamaah haji mempersiapkan fisik dan kesehatan mental untuk beribadah, mengingat cuaca, lingkungan, dan budaya yang berbeda dari Indonesia. Calon jemaah haji juga diimbau agar mengikuti bimbingan manasik haji dengan sungguh-sungguh dalam setiap materi yang disampaikan.
“Para jemaah akan didampingi oleh petugas selama menjalankan ibadah haji mulai dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, Petugas Haji Daerah serta Tenaga Kesehatan (dokter dan perawat) yang siap melayani jemaah 24 jam. Jadi jemaah tidak usah ragu untuk meminta bantuan kepada para petugas haji nantinya,” katanya.
Sementara Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Siti Zuliyati, menjelaskan tahapan lain yang sedang dijalankan yaitu menyiapkan bio visa haji dan persiapan tempat duduk saat penerbangan.

blank
Bio visa haji menurutnya sudah siap 100 persen, sementara untuk persiapan tempat duduk masih dilakukan koordinasi bersama dengan KBIHU atau Biro Penyelenggara Haji dan Umroh.
“Hari-hari ini kami sedang menyiapkan kebutuhan untuk pramanifest, untuk jadwal penerbangan, penghitungan seat penerbangan Garuda. Karena harus kerja sama dengan KBIHU dalam penentuannya. Kami sudah koordinasi dengan BHU, mudah-mudahan untuk pramanifest ini bisa langsung jadi dan bisa langsung dikirimkan ke provinsi,” jelasnya.
Menurutnya, jemaah calon haji Jepara pada tahun ini, terbagi ke dalam lima kloter, yaitu kloter 72-76. Kloter 72 akan bergabung bersama dengan jemaah Kabupaten Kudus. Kloter 73-75 di isi penuh oleh jemaah calon haji Jepara, dan kloter 76 akan berangkat bersama dengan jemaah Kabupaten Pati.
Bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Jepara akan berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 23 sampai dengan 24 April 2024, dan selanjutnya bimbingan pemantapannya akan diselenggarakan di tingkat Kecamatan, dimulai tanggal 25 – 30 April 2024.

Hadepe – NH