blank
Seorang warga mencari ukuran jersey Timnas Indonesia untuk anaknya. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Warg memburu jersey Timnas Indonesia menjelang semifinal Piala Asia U23 antara Indonesia vs Uzbekistan yang akan disiarkan secara langsung pada pukul 21.00 WIB malam ini.

Setidaknya itu yang tampak Kabupaten Grobogan. Banyak warga yang mendatangi toko yang menyediakan jersey di Purwodadi. Mereka mencari jersey Timnas Indonesia yang akan dipakai saat nonton bareng. Salah satu toko jersey yang menjadi jujukan warga yakni Toko Jersey Gema Soccer di Jalan A. Yani, Kota Purwodadi.

Menurut penjaga toko, sejak Minggu, 27 April 2024, toko tersebut didatangi banyak orang untuk mencari jersey Timnas Indonesia. “Stok hari ini tinggal warna merah, hitam, sama putih. Merah yang ukuran jumbo tinggal satu barusan dibeli orang, itu model semi-ori, kelasnya impor harga Rp90 ribu. Kalau yang produk lokal Indonesia harganya hanya Rp35 ribu saja,” ujar Gema, penjaga toko tersebut.

Gema menjelaskan, untuk jersey anak dibanderol dengan harga mulai Rp35 ribu – 85 ribu. Semua tergantung dari bahan dan kualitas kain pada jersey.

“Yang bagus memang ori, tapi yang ori saya sudah tidak ada stok. Adanya semi ori satu stel harga Rp85 ribu,” jelas Gema.

Turuti Keinginan Anak

Aghia, seorang pegawai di Kota Purwodadi, langsung menuju ke toko jersey tersebut setelah sang anak merengek ingin ikut ayahnya nonton bareng di Alun-Alun Purwodadi.

“Mau cari jersey, sudah cari ke mana-mana kosong. Eh nemu di depan Pasar Induk, ya sudah mampir dan ternyata ada yang ukuran anaknya. Ini nangis soalnya pengen ikut ayahnya nanti nonton bareng di Alun-Alun, hanya boleh pake jersey Timnas syaratnya,” ujar Aghia.

Aghia mengatakan, banyak temannya mendapatkan harga Rp50 ribu per kaos. Namun, dirinya bersyukur sampai di sana mendapatkan harga Rp35 ribu.

“Teman-teman ada yang dapat harga Rp50 ribuan. Saya dapat harga Rp35 ribu. Lebih murah, karena kualitasnya beda mungkin ya, tetapi tidak apa-apa daripada rewel,” tambahnya.

Animo Tinggi

Pascaperjuangan Timnas Indonesia U23 berhasil mengalahkan Korea Selatan di babak perempat final beberapa waktu lalu, animo masyarakat Indonesia sangat tinggi untuk mendukung skuad Garuda Muda.

Beberapa daerah mendukung Timnas Indonesia U23 dengan mengadakan nonton barang di beberapa titik lokasi. Sama halnya yang dilaksanakan di Kabupaten Grobogan.

Beberapa titik lokasi nonton bareng Timnas Indonesia U23 digelar seperti di Alun-Alun Purwodadi yang dilengkapi dengan hiburan solo organ dan doorprize, Candi Joglo Semar Purwodadi, Getasrejo Grobogan dan sebagainya. Semua tempat yang menyediakan nonton bareng tersebut tidak dikenakan biaya alias free.

Tya Wiedya