blank
Babinsa Kopda Edi bersama Perangkat Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, tampil memimpin kerja bakti massal untuk menyingkirkan material longsoran yang menutup badan jalan ke wisata Soko Langit.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Tidak ada korban, tapi material longsorannya menimbuni badan jalan menuju ke destinasi wisata Soko Langit.

Danramil-21/Bulukerto Kapten (Inf) Hengky Nurchayadi melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Sabtu (27/4), menyatakan, penanganan darurat telah dilakukan dengan cara bergotong royong.

Babinsa Koramil-21/Bulukerto Kodim 0728/Wonogiri, Kopda Edi, tampil memimpin kerja bakti di lokasi bencana. Bersama perangkat desa serta masyarakat, dilakukan gotong royong membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan.

Bencana tanah longsor tersebut, terjadi setelah sebelumnya turun hujan deras, yang memicu air melimpah ke mana-mana, termasuk mengikis tebing terjal tepi jalan. Karena tertutup longsoran tanah, menyebabkan akses jalan menuju objek wisata Soko Langit menjadi terganggu.

Kerja bakti massal yang dilakukan secara gotong royong tersebut, menjadi tindakan darurat percepatan penanganan. Harapannya, setelah material longsoran yang menimbun badan jalan disingkirkan, maka akses menuju objek wisata Soko Langit dapat terpulihkan kembali kelancarannya.

Danramil 21/Bulukerto Kapten (Inf) Hengky Nurchayadi, menyatakan, bahwa kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh Babinsa tersebut merupakan upaya dalam mewujudkan kepedulian bersama, dalam mengantisipasi bencana di wilayah.

Kegiatan tersebut, sebagai upaya bersama masyarakat agar selalu peduli dengan kondisi lingkungan terutama mengatasi kesulitan warga di sekeliling. “Kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat, merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tegas Kapten (Inf) Hengky Nurcahyadi.
Bambang Pur