blank
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri saat memberikan piagam penghargaan kepada siswa berprestasi di Semarang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19 tidak boleh memberatkan anak didik. Dengan begitu tugas-tugas yang diberikan guru, juga harus terukur.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri di Semarang, Sabtu (20/2/2021).

Menurutnya, langkah itu bertujuan untuk menekan angka penularan Covid-19, khususnya di sektor pendidikan. Apalagi setelah adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sejak 9 hingga 22 Februari mendatang, yang merupakan kebijakan pengganti PPKM dan berlangsung hampir satu bulan di Jawa dan Bali.

“Langkah itu sesuai instruksi menteri pendidikan. Akibat pandemi, materi pembelajaran tidak boleh memberatkan. Bagaimanapun kondisi saat ini tidak mungkin sama dengan kondisi normal, pasti ada kekurangannya. Untuk itu kekurangannya harus dicari solusinya bersama, bisa melalui bimbingan tehnis, workshop, rapat dan lainnya. Maka dari itu guru-guru di kelas selalu melakukan inovasi-inovasi baru,” jelas Gunawan.

Diakuinya, penerapan PJJ pemahaman materi siswa memang menurun, namun kualitas penerapan PJJ tetap baik.

“Untuk Kota Semarang, sambung dia, penerapannya sesuai dengan tegline Walikota dan Wakil Walikota Semarang, yaitu ‘Bergerak Bersama’.

Menurut Gunawan, agar PJJ bisa berjalan baik dan sukses harus ada kerjasama, baik kepala sekolah, komite sekolah, orangtua siswa, paguyuban orang tua, siswa, guru dan lainnya.

“Setiap sekolah penaganannya beda-beda. Artinya ada yang sangat memerlukan bantuan orangtua. Paling penting dalam kondisi apapun seorang siswa harus mendapat pembelajaran entah daring, ataupun visitasi. Toh kalau siswa butuh guru, datang ke sekolah tidak apa-apa, tapi tetap taati protokol kesehatan,” ujarnya.

Disampaikan, sejumlah saran PJJ diakuinya juga beragam dan berkembang mulai dari zoom, youtube, microsof, android dan lainnya. Yang terpenting guru dan orangtua harus saling komunikasi. Sehingga apabila ada siswa yang mengalami kesulitan bisa komunikasi dengan guru.

“Harus hati-hati juga undang siswa, jadi tetap komunikasi orang tua. Karena pembelajaran tatap muka belum dilakukan. Untuk materi-materi belajar disampaikan melalui video dan lainnya kami berikan kebebasan yang kreatif,” tukasnya.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 29 Semarang, Aloysius Kristiyanto mengaku adanya penurunan pemahaman akibat PJJ dialami para siswa. Adapun salah satunya disebabkan para siswa sudah bosan belajar dari rumah. Menurutnya, karena usia siswa yang masih sangat muda, merasa lebih senang belajar bersama dengan teman-teman sekolah dan juga guru secara langsung.

Namun demikian, beberapa siswa yang nilainya turun dan saat pembelajaran tidak terlihat, pihaknya memberikan kebijakan kepada guru kelas bersama guru BK dan wali kelas untuk melakukan kunjungan rumah atau home visit. Dengan begitu bisa mengetahui langsung masalah siswa.

“Kami juga secara rutin memberikan pelatihan dan workshop agar para guru lebih inovatif dalam memberikan pembelajaran kepada siswa,” ujarnya.

Ning