Rakor KPU digelar hari ini, Senin (22/4). Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) termasuk pemilihan gubernur (Pilgub) akan berlangsung pada 27 November 2024. Sampai saat ini belum ada calon yang berencana ikut serta, baik sebagai calon perorangan maupun yang akan melalui partai politik.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik, mengatakan hal itu ketika ditemui wartawan seusai
Rapat koordinasi evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2024 bersama stakeholder, di Hotel Atria Magelang, hari ini Senin (22/4/24).

Ahmad Rofik menjelaskan, periode sebelumnya ada calon independen yang bertanya-tanya, namun tidak jadi mendaftar. Untuk penerimaan dukungan bagi calon independen mulai tanggal 5 Mei mendatang. Syaratnya ada pernyataan dari pemilih bahwa dirinya mendukung calon independen yang akan maju Pilkada 2024.

Adapun minimal jumlah dukungannya sebanyak 65.494 orang, tersebar di 11 kecamatan, atau 50 persen dari jumlah kecamatan se-Kabupaten Magelang. “Selain memberikan fotokopi KTP juga ada pernyataan tertulis,” jelasnya.

Selebihnya dijelaskan, dalam rangka Pilkada 2024, KPU sudah mulai mengumumkan pendaftaran lembaga pemantau, quick count, maupun jejak pendapat. Mulai Februari sampai 16 November 2024. Juga akan segera melakukan rekrutmen PPK, yang pendaftarannya mulai 23-29 Mei.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik. Foto: eko

Setelah pendaftaran ada seleksi administratif, tertulis dan wawancara. Pada11 Mei mendatang, KPU akan launching pilkada.

Dipaparkan, untuk jumlah PPK yang akan direkrut sebanyak 5 (orang) x 21 (kecamatan). Mereka yang sudah menjadi PPK Pemilu dan Pilpres 2024 tetap mendaftar seperti biasa. Akan dilakukan evaluasi saat wawancara.

Dijelaskan pula, untuk pilkada mendatang ada sebanyak 2.637 TPS atau lebih kecil dibanding saat pemilu. “Arahan dari KPU pusat, per TPS sebanyak 600 pemilih,” katanya.

Ahmad Rofik menambahkan, rapat koordinasi hari ini sekaligus untuk persiapan
Pilkada 2024. Tahapan pilkada sudah berjalan mulai 27 Februari sampai 16  November mendatang.

Sementara itu dalam rakor tersebut, peserta menilai pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan sukses. Tak ditemukan adanya kendala berarti.

Dalam rakor tersebut dihadiri komisioner KPU Jateng Basmar Perianto Amron, Asisten 1 Sekda Kabupaten Magelang Bambang Hermanto, Kasat Reskrim Polresta Magelang Kompol Rifeld Constantien Baba, petugas Kejari
Anggraeni Novitasari dan petugas Kodim 0705/Magelang
Mayor inf Riski Sudarmanto.

Eko Priyono