blank
Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik, Gatot Mardiana, menyerahkan cinderamata kepada Wakil Bupati Rembang, Gus Hanies, usai membuka pelaksanaan UKW di Hotel Polos, Rembang, Kamis (11/10/2021). Foto: ning

REMBANG (SUARABARU.ID)– PT Semen Gresik (SG) dan PWI Jawa Tengah, kembali berkolaborasi menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2021. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Polos, Rembang, Kamis-Jumat (11-12/11/2021) itu, dibuka Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barri.

Kegiatan UKW dengan penerapan protokol kesehatan ketat ini, diikuti 24 wartawan media cetak, online dan radio, yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Jateng.

Wabup Rembang sendiri memberikan apresiasinya kepada SG, yang ikut mendukung UKW dengan program CSR-nya. Menurut dia, SG telah turut berperan mengedukasi wartawan agar lebih profesional.

BACA JUGA: Sukses Uji Coba Perdagangan Emisi Karbon, PLN Dukung Indonesia Pimpin Perdagangan Karbon Global

”Eksistensi dunia jurnalistik saat ini mempunyai tantangan besar. Apalagi di masa pandemi covid-19 yang belum selesai. Dengan banyaknya sumber informasi, membuat efek informasi sendiri menjadi “mata pisau”. Masyarakat sering sekali mendapatkan informasi yang kredibilitasnya tidak bisa dipertanggungjawabkan,” tegas Gus Hanies, sapaan akrab Mochamad Hanies Cholil Barri ini.

Untuk itu dia beraharap, dengan adanya UKW wartawan akan memberikan informasi lebih profesional, dalam menyajikan berita. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang terpercaya.

”Saya kira tujuan besarnya penyelenggaraan UKW seperti itu. Arus informasi akan lebih terpercaya. Masyarakat lebih bisa memilih informasi yang terpercaya,” ujarnya.

BACA JUGA: Maksimalkan Informasi Pelayanan Publik, Kumham Jateng Gelar Sosialisasi SIPPN

Gus Hanies juga menambahkan, Pemkab Rembang juga mengapresiasi kegiatan UKW yang diselenggarakan selama dua hari itu.

”Informasi yang disampaikan wartawan tetap akan mempengaruhi pembangunan pemerintah daerah. Kami yakin, dengan adanya UKW ini, informasi yang disampaikan kepada masyarakat semakin terpercaya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik, Gatot Mardiana menyebutkan, penyelenggaraan UKW kali ini merupakan yang keempat kalinya. Sedangkan kolaborasi Semen Gresik dengan PWI Jateng sudah berlangsung selama tiga kali.

BACA JUGA: Genap 1 Dekade, Whiz Hotel Semarang Tawarkan Promo Kamar Menarik

”Semen Gresik melakukan hal ini dalam rangka untuk mendukung pengembangan kompetensi wartawan se-Jateng. Wartawan adalah salah satu pilar demokrasi, untuk itu harus memiliki kompetensi yang mumpuni,” harap Gatot.

Sedangkan Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS menambahkan, UKW adalah mahkota profesi organisasi. Profesionalitas tidak hanya dimaknai dengan sekeping pemahaman kompetensi teknis. Profesionalisme harus dilengkapi dengan kompetensi etis.

”UKW bisa dikatakan sebagai program senyap, namun dirasakan betul oleh anggota PWI di Jateng. Dengan penyelenggaraan UKW ini, mendorong para wartawan meningkatkan profesionalitasnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Peringati Bulan Bahasa, MAN 1 Kota Semarang Gelar Berbagai Lomba

Kerja sama PWI Jateng dengan PT Semen Gresik di bidang penyelenggaraan UKW kali ini, lanjutnya, akan menggema sepanjang masa bagi para wartawan yang mengikuti kegiatan ini.

”Kontribusi Semen Gresik akan dirasakan sampai kapan pun oleh kawan-kawan yang nantinya memimpin media-media sebagai Pimred. Terima kasih atas kerja sama yang dilakukan selama ini,” tandas Amir Machmud, yang menyebut UKW Rembang ini adalah kegiatan yang ke-21 selama dirinya menjadi Ketua PWI Jateng.

Sedangkan Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo menjelaskan, secara Nasional Dewan Pers sudah menyelenggarakan UKW sebanyak 560 kali, sejak 2011.

”Penyelenggaraan sebanyak itu, dilakukan juga bersama kemitraan-kemitraan yang dilakukan oleh PWI berbagai provinsi. Baik kemitraan dari perusahaan, pemprov, pemkab atau pemkot,” ungkap Sasongko.

Ning