blank
Rektor UKSW, Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si. Ak tengah menyiram tanaman anggrek. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Kartini 21 April 2024 dan Hari Bumi yang diperingati pada 22 April 2024, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengadakan serangkaian kegiatan menggabungkan semangat emansipasi dan pelestarian alam, Senin (22/4/2024).

Kegiatan ini dihelat dengan penuh warna dan pesan mendalam melalui arak-arakan yang dimulai dari Balairung Universitas oleh civitas academica UKSW. Kemudian acara dilanjutkan dengan penanaman bunga dan tanaman oleh sepuluh perempuan inspiratif yang menjadi perwakilan di lingkungan UKSW.

Arak-arakan diikuti oleh ratusan peserta mulai Rektor serta pimpinan universitas dan direktorat, dosen, staf, mahasiswa, serta guru dan siswa Sekolah Kristen Satya Wacana dengan membawa pesan pentingnya peran perempuan dan urgensi menjaga bumi.

Barisan arak-arakan ini diawali oleh Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Papua Barat (Himpar) yang memeriahkan jalannya acara dengan memainkan musik tradisional. Tampak peserta arak-arakan mengenakan kebaya dan pakaian adat lainnya, serta aksesoris etnis.

Puncak acara ditandai dengan penyerahan anggrek dan tanaman lainnya seperti Cendana Bali, Bungur dan Ketapang Biola oleh Direktur Direktorat Keamanan, Ketertiban dan Data Siber D2KDS, Dr. Teguh Wahyono, S.Kom., M.Cs., kepada Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si. Ak. Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan tanaman dari Rektor Intiyas kepada 10 perwakilan perempuan di UKSW.

Dalam kesempatan ini, Rektor Intiyas turut melakukan penanaman dan penyiraman salah satu Anggrek yang ditanam di sekitar lapangan sepak bola UKSW. Selain itu, ia juga melakukan penanaman pohon Cendana Bali.