blank
Peserta Eiger Adventure Camp 2024 rayakan Hari Kartini di puncak Gunung Kembang Wonosobo. Foto : SB/Bascame Gunung Kembang

 

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Eiger Adventure (EIGER), brand penyedia perlengkapan untuk kegiatan luar ruang, memiliki agenda rutin tahunan dengan tajuk EIGER Women Adventure Camp (WAC).

Sebuah rangkaian kegiatan camping dan pendakian bersama, ditujukan khusus untuk perempuan yang baru mengenal kegiatan
di alam bebas.

WAC dilaksanakan selama 4 hari 3 malam, mulai 19-21 April 2024 diisi dengan sharing session, pembelajaran teori hingga simulasi lapangan.

Tahun 2024 ini, bertepatan dengan perayaan Hari Kartini 2024, EIGER mengajak 100 orang perempuan Indonesia dari berbagai daerah, untuk bergabung dalam tim pendakian menuju puncak Gunung Kembang via jalur Blembem, Wonosobo, Jawa Tengah.

Gunung Kembang via Blembem dipilih karena telah menjadi gunung yang diadopsi EIGER Adventure untuk pengelolaannya, berkolaborasi dengan komunitas dan warga lokal di Blembem, Desa Damarkasian, Kertek, Wonosobo.

Iwan Koncer pengelola basecamp Gunung Kembang via Blembem menjelaskan, Gunung Kembang memiliki julukan sebagai gunung terbersih di Indonesia, kerena menerapkan sistem preventif dengan pendekatan personal.

Mengurangi sekecil mungkin sampah para pendaki yang dibawa naik dan memastikan tidak ada sekecilpun sampah yang ditinggalkan di atas gunung.

“Apa yang dilakukan oleh kawan-kawan pengelola basecamp Gunung Kembang via Blembem adalah menyampaikan pesan tentang menjaga gunung dari sampah.

Menerapkan aturan yang disiplin untuk mengurangi membawa logistik atau perbekalan yang bisa menimbulkan sampah di gunung dan memindahkan perbekalan tersebut ke dalam wadah plastik yang bisa digunakan berkali-kali,” ujar Iwan.

Pada April 2024 ini, EIGER Women Adventure Camp 2024 menjadi momen EIGER berbagi cerita tentang waste management Gunung Kembang, sekaligus memberikan wawasan serta pengetahuan
berkegiatan di alam terbuka.

Hari Kartini

blank
Peserta Eiger Adventure Camp 2024 rayakan Hari Kartini merupakan perempuan muda dari seluruh Indonesia. Foto : SB/Bascame Gunung Kembang

Galih Donikara selaku EIGER Adventure Service Team Advisor mengatakan, puncaknya pada Hari Kartini, Minggu 21 April, seluruh peserta berjumlah 100 orang akan melakukan upacara bersama dan merayakan Hari Kartini dengan berkebaya di puncak Gunung Kembang.

Galih menjelaskan, seluruh peserta EIGER WAC 2024 adalah anak muda usia 18 hingga 25 tahun yang memiliki minat untuk berkegiatan di alam bebas.

“Momentum ini adalah kesempatan emansipasi perempuan Indonesia, mensejajarkan diri dalam berpetualang menyusuri keindahan alam Indonesia.

EIGER mencoba untuk membuka ruang, memfasilitasi bagaimana para wanita Indonesia menggali potensinya supaya aman dan nyaman dalam berkegiatan di alam bebas,” pungkas Galih.

PT Eigerindo Multi Produk Industr (MPI) merupakan perusahaan yang menaungi brand Eiger Adventure, brand penyedia perlengkapan kegiata luar ruang asal Indonesia yang sudah mendukung kegiatan petualangan luar ruang sejak tahun 1989.

Berfokus pada “Tropical Adventure”, EIGER Adventure menawarkan empat kategori aktivitas utama yang mencakup berbagai kegiatan luar ruang, yaitu EIGER Mountaineering, EIGER Riding, EIGER 1989 dan EIGER Tac.

Saat ini EIGER Adventure sudah memiliki lebih dari 260 toko di 137 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Di tahun 2023, terinspirasi dari Gunung Eiger dan standar kualitas tinggi negara Swiss, EIGER Adventure juga membuka toko global pertamanya di Swiss.

Menjelang akhir tahun 2023, EIGER Adventure untuk pertama kalinya membuka toko global pertama di Asia Tenggara, tepatnya di Kuala Lumpur Malaysia.

EIGER Adventure juga kini hadir melalui berbagai online platform seperti marketplace dan www.eigeradventure.com.

Muharno Zarka