blank
Para atlet dan pelatih Kick Boxing Jateng berpose bersama, setelah berjaya di PON XX/Papua. Foto: dok/KBI Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Fighter Jateng yang turun di cabang olah raga Kick Boxing, pada nomor eksibisi PON XX/Papua, tampil perkasa. Bertarung di GOR Waringin, Kota Jayapura, Rabu-Kamis (22-23/9/2021), sukses menyabet tiga medali emas dan dua perunggu.

Dengan hasil ini, mengantarkan Jateng tampil sebagai juara umum dalam eksibisi yang dibuka Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman. Di cabor eksibisi Kick Boxing ini, diikuti 104 petarung dari 17 provinsi di Indonesia.

Jateng yang menurunkan lima petarung terbaiknya, semua meraih medali. Tiga keping medali emas Jateng disumbangkan masing-masing oleh Dini Alimah di kelas 48 kg low kick putri, yang dalam babak final menaklukkan fighter Novia Pesik (Sulut).

BACA JUGA: Nadiem Makarim : Klaster Sekolah Tidak Boleh Hentikan Pembelajaran Tatap Muka

Selanjutnya Alfiandi (60 kg low kick/putra) di partai puncak menumbangkan Adrean Mateus (DKI Jakarta), serta Alfi Syifa (51 kg low kick/putra) menundukkan Glen (Sulut).

Sedangkan dua medali perunggu Jateng diraih M Fakri Maxi (67 kg low kick/putra) dan Dikta Diana (52 kg low kick/putri).

Ketua Umum Pengprov KBI Jateng, Eko Firli, menyatakan rasa syukurnya atas prestasi luar biasa yang diraih para petarung polesan pelatih Frans Henry dan Ahmad Amri ini.

BACA JUGA: Hari Ini Ada Tambahan 33 Orang Terkonfirmasi Corona

Kelima atlet itu merupakan hasil seleksi yang ketat, di Brebes pada 27 Agustus lalu. Dia juga menyebut, prestasi ini tak lepas dari kedisplinan atlet dalam berlatih, mental bertempur yang kuat, serta dukungan dan kerja sama yang solid dari pengurus dan pembina Pengprov KBI Jateng.

”Prestasi ini makin membuat kami termotivasi mengembangkan Kick Boxing di Jawa Tengah. Terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya kepada tim kami,” tukas Eko, dalam keterangannya di Semarang, Kamis (23/9/2021).

Sementara itu, Plt Ketua Umum KONI Jateng sekaligus Pembina KBI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, mengapresiasi pencapaian optimal petarung Jateng di arena PON ini.

BACA JUGA: Kerap Kebakaran, Kalak BPBD Ingatkan Warga Selalu Waspada

”Ini prestasi yang membanggakan bagi Jawa Tengah. Sekaligus pembuktian, petarung yang kita kirim ke PON Papua tidak kacangan. Mereka menunjukkan kelasnya sebagai atlet tangguh di level Nasional,” pujinya.

Ditambahkan dia, semua elemen Kick Boxing Jateng jangan menjadi lengah, usai menjadi yang terbaik di PON ini. Dia berharap, mereka tetap menjaga kesolidan dan mengawal aset ini menghadapi PON selanjutnya, dimana Kick Boxing sudah menjadi pertandingan resmi.

Daftar Perolehan Medali Eksibisi PON

1. Jawa Tengah 3-0-2

2. DKI Jakarta     1-2-2

3. Lampung         1-0-2

4. Sulteng           1-0-0

5. Sultra             0-2-1

6. Kaltim            0-1-0

Riyan