blank
Sejumlah orang mengunjungi Kawasan Masjid Agung Demak saat bulan Ramadan, 19 Maret 2024. (Foto: Diaz Aza)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wisata budaya dan religi mendominasi sebagai lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Jawa Tengah (Jateng)  pada musim libur lebaran 2024 atau Idulfitri 1445 H.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Jawa Tengah, Agung Hariyadi mengatakan, pihaknya mendata jumlah kunjungan wisatawan di objek-objek wisata baik religi, sejarah, budaya, alam, atau buatan.

Dia menjelaskan data sementara hingga tanggal 14 April 2024 petang, Kawasan Kota Lama Semarang paling favorit dikunjungi wisatawan, diikuti sejumlah objek wisata religi.

“Kalau yang ramai kunjungan menurut pemetaan masih di tempati Kawasan Kota Lama Semarang dengan 225.636 kunjungan. Posisi kedua Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo dengan 182.116 kunjungan, yang ketiga Masjid Agung Demak dengan 128.60, keempat ada Candi Prambanan dengan 73.317 pengunjung, dan wisata alam Dataran Tinggi Dieng dengan 61.384 kunjungan,” katanya, Rabu 17 April 2024.

blank
Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Jawa Tengah, Agung Hariyadi . (Foto: Diaz Aza)

Agung Hariyadi melanjutkan, data secara kseluruhan terdapat 3,9 juta kunjungan di banyak objek wisata di Jateng hingga 14 April 2024.

“Tren peningkatan kunujungan wisata untuk periode yang sama musim Lebaran tahun lalu ada 5,3 juta kunjungan. Tahun ini targetnya bertambah hingga kisaran 6,5 juta kunjungan wisata hingga 21 April 2024,” ucapnya.

Meski demikian, lanjut Agung, jumlah kunjungan wisata di Jateng sebetulnya melebihi data itu. Sebab ada tipikal kunjungan wisata langsung yang menuju obyek wisata, dan yang tidak langsung seperti kunjungan ke acara semacam festival.

“Secara tidak langsung kegiatan wisata masyarakat bertambah dan memang untuk data ini susah dihitung,” kata dia.

Sementara itu banyak festival yang diselenggarakan di Jateng yang tersebar di banyak kabupaten/kota, seperti balon udara di Wonosobo dan Pekalongan, kegiatan syawalan di Kabupaten Demak dan lainnya.

Secara keseluruhan Disporapar mencatata ada 55 event Lebaran 2024 dimulai dari pentas tradisi hingga konser musik yang menggeliatkan dunia pariwisata di Jateng.

Diaz Aza