blank
Usai menggelar apel pengamanan yang melibatkan petugas gabungan dari berbagai unsur, Kapolres AKBP Andi M IndraWaspada Amirullah (deret depan kedua dari kanan) melakukan sidak ke objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tidak hanya jajaran TNI-Polri saja, pengamanan objek wisata di Wonogiri juga melibatkan personel dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan relawan dari Search And Rescue (SAR). Juga melibatkan aparat dari dinas dan instansi terkait lainnya.

Sejumlah objek wisata di Kabupaten Wonogiri, menjadi tujuan pelancongan masyarakat yang merayakan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Terlebih pada sejumlah objek wisata yang menggelar event keramaian pelancongan Lebaran. Sebagaimana di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, yang Minggu (14/4) besok mengagendakan akan menggelar event Kupatan.

Untuk pengamanan keramaian Labaran di Objek Wisata, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, tampil memimpin apel. Apel gelar pengamanan, dilaksanakan di pelataran objek wisata Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, apel gelar pengamanan objek wisata Wonogiri, diikuti oleh 251 personel Polres Wonogiri. Juga melibatkan prajurit TNI AD dari jajaran Kodim 0728 bersama aparat dari dinas dan instansi terkait, serta Anggota Pramuka dari Saka Bhayangkara beserta unsur lainnya. Termasuk personel Polairud yang di-BKO-kan ke Polres Wonogiri.

Pemberian pengamanan pada sejumlah objek wisata, diperlukan untuk menyikapi peningkatan aktivitas masyarakat yang melakukan rekreasi liburan Lebaran. Tujuannya, untuk menciptakan situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

Safety

Masyarakat yang beriwisata merayakan Lebaran Idul Fitri merasa aman dan nyaman. Juga lancar, tidak terkendala oleh ancaman kemacetan karena adanya peningkatan arus lalu lintas. Petugas memberikan pengaturan pada jalur-jalur menuju ke lokasi yang menjadi destinasi wisata.

Berkaitan ini, perlu dilakukan pula pengaturan parkir di area parkir yang telah ditentukan. Jangan ada pembiaran kendaraan pengunjung yang diparkir di luar kantong parkir, apalagi di bahu jalan. Sebab akan memicu terjadinya keruwetan dan menghambat arus lalu lintas.

Hadirnya aparat keamanan di keramaian objek wisata, diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melakukan kegiatan wisata Lebaran. Kapolres mengimbau, agar para pengelola objek wisata mengedepankan aspek safety, untuk mewujudkan keamanan yang berkselematan.

Pengelolaan wisata yang berkeselamatan, penting dilakukan termasuk pada lokasi wisata tirta seperti Waduk Gajahmugkur dan wisata bahari di Pantai Selatan Paranggupito Wonogiri. Meliputi Pantai Nampu, Pantai Sembukan dan Pantai Klotok. Lakukan antisipasi cegah dini, demi menghindarkan adanya kecelakaan air.

Kepada masyarakat pelancong, diimbau untuk mematuhi pengaturan yang disampaikan petugas. Masyarakat pelancong, juga diingatkan untuk senantiasa berhati-hati dan waspada saat berada di kerumunan publik. Hal ini penting dilakukan, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Utamanya terhadap kemunculan gangguan tindak kriminalitas.
Bambang Pur