blank
Siswa SDN 1 Bangsri sesaat sebelum membagi takjil

JEPARA (SUARABARU.ID)-Mengusung tema “Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas” SD Negeri 1 Bangsri menutup kegiatan ramadhan di sekolah dengan pesantren ramadhan. Agenda tahunan yang dilaksanakan setiap bulan ramadhan ini, diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 hingga jam 21.00 WIB. Anak-anak berkegiatan dalam  kelompok sesuai dengan kemampuannya. Ini dimaksudkan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan efektif.

blank
Pesantren ramadhan di SDN 1 Bangsri

Dalam pemberian materi oleh narasumber anak-anak juga berkesempatan mendapatkan hadiah yang dibagikan dalam bentuk uang jajan. Disediakan kurang lebih 200 lembar uang jajan dengan berbagai nominal mulai dari pecahan 2000 hingga 10.000 sebagai hadiah, hingga anak-anak sangat senang.

Seperti yang disampaikan salah satu siswa, Rafif misalnya menyampaikan sangat senang karena mendapat hadiah uang jajan. Dia juga mengatakan menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

blank
Siswa khusuk ikuti pesantren ramadan

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ramadhan ini adalah untuk meningkatkan dan mendalami agama Islam sebagai bekal untuk anak-anak dalam meniti masa depan. Hal ini disampaikan oleh Lukman Khakim, selaku Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bangsri pada acara pembukaan

Dihadiri juga oleh pengawas Dabin 3 Kecamatan Bangsri, Suyitno, S.Pd. Ia menyampaikan, pesantren ramadhan merupakan ajang yang tepat untuk mempraktekkan materi agama yang telah diterima di sekolah secara menyeluruh.

Praktek shalat yang dilaksanakan pada pembelajaran mata pelajaran agama Islam memiliki waktu yang terbatas. Melalui kegiatan pesantren ini diharapkan anak-anak semakin paham dan tuntas dalam belajar shalat.

blank
Siswa belajar berbagi melalui pemberian takjil

Pesantren yang diisi dengan berbagai materi ini diantaranya , marathon surat pendek, tadarus Alquran, praktek azzan dan salat, menulis khat dan kaligrafi, praktek macapat islami serta pembagian takjil serta buka bersama. Dengan menggandeng salah satu badan amal yang berpusat di Belgia “Garden of Sincere” ini sebagai sponsor utama, SD Negeri 1 Bangsri membagikan 250 takjil di depan gerbang sekolah yang berlokasi di perempatan Bangsri.

blank
Pembagian takjil di perempatan Bangsri

Sekolah juga berkolaborasi dengan paguyuban wali murid dalam pengadaan makanan untuk berbuka dan takjil. Dalam kegiatan ini seluruh warga sekolah bersinergi untuk menyukseskan acara yang digelar. Dengan harapan mampu mendalami makna ramadhan, anak-anak menutup kegiatan dengan kegiatan tarawih bersama-sama sebelum berpulang ke rumah masing-masing.

Hadepe – Anisa