blank
Penyerahan hadiah lomba oleh Waka Kesiswaan, B. Siti Samsiyah, S.Pd.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pada setiap bulan Ramadhan kita sudah akrab dengan berbagai kegiatan Islami didalamnya, tak terkecuali kegiatan Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan di sekolah. Demikian juga SMA Negeri 1 Tahunan. Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada bulan Ramadhan tahun 1445 H sekolah ini  menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI.

blank
Kepala SMAN 1 Tahunan Ida Fitriningsih saat memberikan piala kepada pemenang

Kegiatan tersebut selaras  dengan slogan SMA Negeri 1 Tahunan (SMANSTAR) yaitu STAR (Santun, Terampil, Aktif, Religius). Kegiatan Islami ini diselenggarakan mulai tanggal 25 Maret 2024 sampai dengan 4 April 2024 di Gedung Serba Guna (GSG) SMA Negeri 1 Tahunan.

blank
Siswa dengan khitmad ikuti sholat dhuha

Selama kegiatan Pesantren Ramadhan, para siswa mengikuti berbagai kegiatan Islami. Kegiatan tersebut meliputi sholat Dhuha, tadarus Al Qur’an, Kajian Islami, Sholawatan Bersama, kajian hikmah Film Islami, membaca kitab kuning bahkan kompetisi yang bertujuan untuk menggali potensi siswa SMA Negeri 1 Tahunan.

Kegiatan paling menarik bagi sebagian besar siswa diantaranya adalah adanya kajian hikmah Film Islami. Dalam kegiatan Pesantren Ramadhan ini, siswa tidak diperbolehkan untuk menggunakan  smartphone. Seluruh siswa mengumpulkan smartphone mereka kepada panitia kegiatan. Oleh karena itu mereka hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri untuk berpikir kritis dalam memaknai dan menganalisis hikmah film Islami yang ditayangkan pada saat kegiatan.

blank
Pembina kegiatan oleh Suroso, S.Ag bersama para juara

Selain kajian hikmah Film Islami, kompetisi juga menjadi salah satu kegiatan yang menarik bagi siswa. Berbagai kompetisi diselenggarakan pada kegiatan pesantren Ramadhan ini, yaitu lomba khithobah, kaligrafi, adzan, sambung ayat dan riset terkait limbah air wudhu musholla Nurul Ilmi SMA Negeri 1 Tahunan.

Dalam berbagai kompetisi ini melibatkan seluruh anggota siswa kelas. Sehingga tercipta kegiatan yang efisien dan sama rata pengalaman yang didapat serta mampu mewujudkan upaya aktualisasi diri tiap-tiap individu.

blank
Dukungan, motivasi wali kelas dan guru semua menjadi pendamping pesantren

Pihak sekolah memberikan apresiasi bagi juara pada tiap kompetisi. Apresiasi tersebut berupa piala, piagam penghargaan dan alat tulis. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan gairah semangat generasi penerus bangsa untuk terus mengasah pengetahuan dan kemampuan.

Salah satu siswi SMA Negeri 1 Tahunan, Discka mengatakan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan ini merupakan kegiatan yang sangat positif. “Kegiatan ini nggak hanya cuma sholawat, tadarus, sholat dhuha. Tetapi juga ada kegiatan yang menarik seperti nonton film bareng, kegiatan lomba-lomba. Dan justru karena ada lomba-lomba itu tuh jadi sesuatu yang seru dan membuat Pesantren Ramadhan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya”, ujarnya.

blank
Siswa ikuti Tadarus Al Qur’an

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan ini. Mereka merasa senang dapat merasakan atmosfer religius yang kental selama bulan suci Ramadhan. Mereka berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri serta meningkatkan hubungan persaudaraan di antara para siswa.

Dengan adanya program Pesantren Ramadhan ini, diharapkan seluruh siswa SMA Negeri 1 Tahunan dapat merasakan manfaatnya dan semakin meningkatkan keimanan serta ketaqwaannya selama bulan suci Ramadhan.

Kepala SMAN 1 Tahunan Ida Fitriningsih menjelaskan, pesantren ramadhan ini sebagai salah satu proses pendidikan karakter untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. “Semua karakter, tercermin dari kegiatannya. Tidak hanya karakter beriman bertakwa kepada Tuhan YME. Kegiatan Nobar dan Refleksi Film-Film Islami,  dapat menguatkan karakter berkebinekaan global, karena dalam film tersebut siswa dapat mengenal sosial budaya, daerah dan negara lain, yang digunakan dalam alur ceritanya,” ujarnya

Menurut Ida, Semua  lomba yang diadakan dalam bentuk tim/kelompok,  juga dapat menguatkan karakter mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Lomba Sains, memberikan ide dalam pemanfaatan limbah air wudhu, selain untuk mewujudkan perilaku ramah lingkungan, juga dapat membentuk karakter kritis dan kreatif.

Sedangkan hasil Lomba dalam rangka pesantren ramadhan tahun 2024 ini adalah: Lomba Penelitian juara 1. Kelas X-11, juara II   Kelas X-6 dan  Kelas X-2. Sementara Lomba adzan:juara  Kelas X-11, Juara 2. Kelas X-6, Juara 3. Kelas X-3. Untuk  Lomba Khitobah: Juara 1. Kelas X-11, Juara 2. Kelas X-2 Juara 3. Kelas X-8.  Lomba sambung ayat:Juara 1. Kelas X-4, Juara 2. Kelas X-11dan Juara 3. Kelas X-8.  Lomba kaligrafi Juara 1. Kelas X-1, Juara 2. Kelas X-5 Juara 3. Kelas X-12

Hadepe – Ida F