blank
Sebelum melakukan Gertak PSN dengan pola 3M-Plus, warga Kampung Madyorejo, Jetis, Sukoharjo, mendapatkan pengarahan dari Ketua dan Penasehat RT.(Dok.Begug SW)
SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Gerakan serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) digalakkan oleh warga masyarakat Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo Kota, Kabupaten Sukoharjo.

Gertak PSN, dilakukan dalam upaya memutus siklus kehidupan nyamuk Aedes Aegipty, agar warga terbebas dari ancaman wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit Cikungunya. Tidak diinginkan ada warga yang tidak dapat merayakan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M, karena sakit dan mondok di Rumah Sakit.

Menyikapi hal tersebut, warga masyarakat Kampung Madyorejo RT 01/RW 07, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan kabupaten Sukoharjo, menggalakkan PSN melalui Gertak yang bekelanjutan. Yakni melalui Gerakan 3M-Plus. Yakni secara berkala rajin Menguras tandon air untuk sekaligus membinasakan jentik-jentiknya, Menutup tandon air dan Mengubur barang bekas yang berpotensi untuk pengembangbiakan nyamuk.

Makna Plus di belakang 3 M adalah Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar/rusak, Mengganti air vas bunga dan minuman burung seminggu sekali, Membuang air pada tampungan air.

Ketua RT setempat, Joko Sarjana, menyatakan, untuk menggalakkan Gertak PSN dengan cara 3M, Pengurus RT menggandeng Bidang Kesehatan beserta para kader-kadernya. Yakni untuk mempelopori dan memimpin Gertak PSN.

Gertak PSN dilakukan bersamaan dengan kerja bakti wafrga untuk menciptakan kebersihan di dalam maupun di luar rumah masing-masing penduduk. Penasehat RT setempat, Ir Rudy Setyohadi, mengajak seluruh warga melaksanakan kegiatan PSN serentak, dengan diniati sebagai ibadah di Bulan Ramadhan, yang insha Allah akan mendapatkan barokah.

Koord Bidang Kesehatan Panggil, Begug SW, mengajak semua warga untuk menggalakkan Gertak PSN, untuk menurunkan Angka Bebas Jentik (ABJ). Yang tujuannya agar seluruh masyarakat senantiasa sehat dan terbebas dari ancam penyakit demam berdarah maupun penyakit Cikungunya.

Ada sebanyak 108 rumah warga yang tinggal di Kampung Madyorejo RT 01 RW 07, Kelurahan Jetis Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Hasil pantuan, jentik nyamuk ditemukan di 11 tempat.
Bambang Pur