blank
Salah satu remaja dari Komunitas Railfans tengah membantu lansia (penumpang berkebutuhan khusus) di stasiun. Foto: Dok/Humas (17/4/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan masa Posko Angkutan Lebaran Tahun 2024 selama 12 hari, yaitu mulai H-5 hingga H+5 Lebaran, atau dari Jumat 5 April sampai Selasa 16 April 2024.

Selama periode tersebut KAI Daop 4 Semarang telah menyiapkan segala aspek untuk melayani pelanggan kereta api secara maksimal, termasuk bantuan pelayanan dari eksternal khususnya Komunitas Railfans atau pecinta kereta api di beberapa stasiun besar wilayah Daop 4 Semarang.

Komunitas Railfans merupakan sebuah wadah komunitas pecinta kereta api yang terdiri dari anak-anak muda yang memiliki antusias terhadap dunia perkeretaapian. Komunitas ini sering melakukan banyak kolaborasi sosial bersama PT Kereta Api Indonesia yang memberikan peningkatan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan kepada para pelanggan KA maupun masyarakat secara umum.

Dalam kesempatan masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 ini, Daop 4 Semarang bersama beberapa Komunitas Railfans melaksanakan posko pelayanan pelanggan yang berlokasi di 5 stasiun wilayah Daop 4 Semarang, yakni Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan dan Stasiun Cepu.

Para remaja setingkat Sekolah Menengah Pertama hingga mahasiswa ikut membantu melayani penumpang kereta api di stasiun, mulai dari memberikan informasi kedatangan dan keberangkatan kereta api, mengarahkan penumpang menuju ruang tunggu, membantu penumpang melakukan cetak tiket kereta api, hingga membantu penumpang lansia maupun penumpang berkebutuhan khusus di stasiun.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para komunitas railfans yang telah berpartisipasi dalam melayani para pelanggan kereta api selama masa arus mudik maupun arus balik angkutan lebaran tahun 2024 ini.

“Mereka secara sukarela ikut berkontribusi melayani masyarakat di stasiun dengan memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan kereta api di stasiun selama masa posko berlangsung,” terang Franoto, Rabu (17/4/2024).

Adapun komunitas yang membantu pelayanan penumpang selama posko di Daop 4 Semarang ada 4 komunitas, yaitu Komunitas Railfans Daop Empat (KRDE), Komunitas Railfans Tegal, Komunitas Railfans Pekalongan dan Komunitas Railfans Cepu dengan jumlah anggota komunitas yang terlibat sebanyak 38 anggota.

Dalam menjalankan tugasnya, para anggota komunitas railfans berkoordinasi dan berkomunikasi secara langsung dengan kepala stasiun dan petugas keamanan stasiun terkait terciptanya sinergitas pelayanan pelanggan yang maksimal. Komunikasi ini diantaranya berisi tentang informasi jam kedatangan, informasi apabila ada kereta api yang mengalami keterlambatan, informasi perubahan jalur yang akan melayani kereta api, dan masih banyak lagi.

Berangkat dari sebuah hobi, Komunitas Pecinta Kereta Api atau Railfans akan terus berkolaborasi dengan KAI dalam menciptakan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan lancar bagi semua pengguna layanan kereta api.

Selain pelayanan penumpang selama posko, Komunitas Railfans juga kerap berkolaborasi dengan KAI dalam kegiatan positif lainnya, salah satunya yaitu sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang. Dalam kegiatan tersebut, komunitas railfans mensosialisasikan pentingnya disiplin lalu lintas khususnya saat melewati perlintasan sebidang untuk terciptanya keselamatan perjalanan kereta api.

“Semoga sinergi dan kolaborasi antara KAI dengan Komunitas Pecinta Kereta Api dapat terus berlanjut, untuk memberikan manfaat positif bagi seluruh masyarakat secara umum, dan pelanggan kereta api secara khusus,” terang Franoto.

Ning S