blank
Para pemain bola tangan tim Jateng melakukan latihan bersama di Jumat malam hari. Mereka juga berlatih di Sabtu padi di GOR Manunggal Jati. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Pengprov Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Jawa Tengah, Joko Pranawa Adi mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah efektif dan strategis, untuk menyusun kerangka pemain yang diproyeksikan tampil di PON XXI/2024 Aceh-Sumut, September mendatang.

Sebanyak 26 pemain terbaik dari berbagai kabupaten/kota di Jateng dipanggil, untuk mengikuti Pelatda PON yang dipusatkan di Semarang. Sejak Maret lalu, setiap Jumat sampai Minggu, mereka melakukan latihan bersama. Selebihnya, mereka menjalani latihan secara mandiri di daerah masing-masing.

Setelah memiliki tim yang paten untuk diterjunkan di PON, ABTI akan menggelar Pelatda PON selama tiga bulan, mulai Juni nanti. ABTI Jateng sendiri hanya akan menurunkan tim putra, dengan mempertimbangkan materi pemain, daya saing dan kebijakan KONI Jateng.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Minta KONI Siapkan Atlet ke PON Sebaik Mungkin

”Kami juga telah membentuk manajer, pelatih, dan ofisial yang akan mengawal Pelatda PON ini,” kata Joko dalam keterangannya di Semarang, Minggu (14/4/2024).

Berdasarkan SK Ketua Umum Pengprov ABTI Jateng Nomor: B.003/ABTI-JTG/IV/2024, tim yang menangani pelatda terdiri dari Dr Joko Pranawa Adi MPd selaku Penanggung Jawab, Drs Jarot Murdiyanto MPd (Manajer), Dr Muhlisin MPd (Pelatih), Rian Kurniawan MPd (Asisten Pelatih) dan Ana Fitriyani SPd (Ofisial).

Pada kesempatan yang sama, Muhlisin menjelaskan, tahap awal pelatda sudah dimulai dengan menggelar latihan bersama tiap Jumat malam dan Minggu pagi, di venue dekat Polsek Ngaliyan, dan Sabtu pagi di GOR Manunggal Jati.

BACA JUGA: PSIS Gagal Pertahankan Keunggulan

Menurut dia, sebagian besar dari 26 atlet yang dipanggil ini adalah wajah baru, dan belum pernah merasakan atmoster tampil di ajang PON.

”Pelatda tahap awal diikuti 26 pemain, 60 persen di antaranya adalah new comer. Pada Mei nanti akan diciutkan menjadi 20 pemain, dan pada Juni kami sudah memeras lagi menjadi 14 pemain, yang menjadi skuad Jateng di PON nanti,” ujar Dekan FKIP Unwahas itu, didampingi Asisten Pelatih Rian Kurniawan.

Pihaknya pun bertekad, tim bola tangan putra Jateng mampu berprestasi di PON 2024. Hal ini terkait dengan masih diperhitungkannya prestasi dan kemampuan tim putra Jateng, di percaturan bola tangan Nasional.

Riyan