blank
Tim SPDP memberikan sosialisasi terkait protokol kesehatan kepada warga yang terjaring razia yustisi. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Terkait penyebaran covid-19 di Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Kepala Puskesmas Bonang 2, dr Indah Kusumawati menyampaikan, setiap satu bulan sekali selalu melakukan tracing terhadap 190 orang, untuk kemudian dilakukan test swab.

”Sasaran prioritasnya kelompok risiko, seperti penderita diabetes militus atau kencing manis, ibu hamil dan komorbid dengan suspect, atau warga yang sedang terkena batuk, pilek atau flu,” kata dr Indah, Selasa (13/10/2020).

Ditambahkan dia, saat ini ada seorang ibu hamil yang dinyatakan positif, namun telah mendapatkan penanganan intensif.

BACA JUGA : Anggota Koramil 07/Gajah Jalani Test Swab

Sementara itu, Koordinator Tim Satuan Penegak Disiplin Protokol Kesehatan (SPDP) Rudy Ryan menambahkan, guna menekan angka penularan di wilayah Bonang, timnya bersama Dinas Kominfo dan Dinakerin bersinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan di Kecamatan Bonang, menggelar operasi yustisi di Jalan Raya Desa Jali, Kecamatan Bonang.

”Penertiban ditujukan pada masyarakat yang tidak mengindahkan aturan pemerintah, terkait penggunaan masker di era adaptasi kebiasaan baru. Mereka kita berikan edukasi dan sosialisasi, bahkan kita berikan sanksi disiplin seperti seperti membaca Surah Alfatihah, menghafal Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan hingga push up,” ungkap Rudy.

Menurut dia, dalam operasi yustisi ini masih ditemukan sejumlah pelanggaran. Di antaranya mereka belum mengenakan masker saat keluar rumah saat melakukan aktivitas. Meskipun demikian, banyak juga masyarakat yang sudah tertib dengan mengenakan masker.

blank
Petugas memberikan sanksi push up, kepada pelanggar protokol kesehatan yang kedapatan tidak memakai masker, saat melintas di jalan dengan sepeda motor. Foto: rudy

”Operasi yustisi gabungan ini dilaksanakan bersama Satgas Covid Kecamatan Bonang, Polsek dan Koramil Bonang, perangkat desa dan Linmas Desa Jali, Kepala Puskesmas Bonang 2 beserta tim medis puskesmas.

Sedangkan Kapolsek Bonang, AKP Sucipto menjelaskan, untuk operasi di Desa Jali ini, terlihat sudah banyak warga yang mematuhi protokol kesehatan, bila dibandingkan dengan di desa-desa lainnya, khususnya yang ada di pesisir.

Alhamdulillah, untuk warga sekitar Desa Jali, banyak yang sudah mematuhi aturan, dengan mengenakan masker. Semoga warga Bonang sadar akan manfaat memakai masker,” harap Kapolsek.

Rudy-Riyan