blank
Salah seorang anggota TNI dari Koramil Gajah sedang diambil samplenya, oleh prugas dari Puskesmas Gajah 1. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Dalam rangka menekan angka penyebaran covid-19 dan memastikan kondisi kesehatan prajurit di jajaran Kodim 0716/Demak, anggota Koramil 07/Gajah melaksanakan test swab di Puskesmas Gajah 1, Selasa (13/10/2020).

Kepala Puskesmas Gajah 1 dr Lutfi, yang turut memantau pelaksanaan swab mengatakan, tes ini dilakukan kepada anggota TNI Koramil, guna mencegah secara dini penyebaran covid-19 di lingkungan prajurit TNI. Terutama di jajaran Kodim 0716/Demak, sehingga penyebaran virus ini dapat diketahui.

”Atas petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, kita lakukan test swab kepada anggota Koramil Gajah. Hal ini merupakan lanjutan beberapa waktu yang lalu, saat tim DKK melakukan test swab kepada anggota Kodim di Demak” kata dr Lutfi.

BACA JUGA : Mahasiswa Unimma dan Untidar Gelar Aksi Tolak UU Cipta Kerja

Aktivitas anggota TNI dalam satuan teritorial yang selalu bersinggungan dengan warga masyarakat dalam keseharianya, menjadikan para prajurit rentan dan berpotensi terpapar virus di masa pandemi. Untuk itu, harus dipantau kesehatannya melalui test swab.

”Mengingat mereka termasuk garda terdepan dalam penanganan covid-19, selain tim medis dan kepolisian. Sehingga kemungkinan terkonfirmasi covid-19 juga besar. Oleh karenanya, perlu dilakukan test swab,” imbuh Lutfhi.

Terpisah, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohammad Ufiz menyatakan, test swab yang dilakukan kepada prajurit di jajaran Kodim 0716/Demak ini, sebagai upaya mendukung progam pemerintah dalam pencegahan dini penyebaran covid-19 di lingkungan TNI.

blank
Petugas medis Puskesmas Gajah 1, sedang mendata peserta test swab serta memeriksa riwayat kesehatan dari anggota Koramil 07/Gajah. Foto: rudy

”Nantinya, semua anggota Koramil di jajaran Kodim 0716/Demak akan di swab. Kita sudah koordinasikan dengan DKK Demak,” terang dia.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, jika ada salah satu anggotanya terkonfirmasi covid-19, maka akan diambil tindakan sesuai protokol kesehatan. Yakni dengan karantina mandiri, dan upaya pencegahan lainnya.

”Test swab sangat diperlukan prajurit saya. Karena mereka selalu berbaur dengan masyarakat, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Semoga mereka tetap sehat, dan kita semua terhindar dari virus ini,” pungkas Dandim.

Rudy-Riyan