blank
Salah satu pebulutangkis saat berlaga pada pertandingan yang digelar di Gelora USM Prof Sudarto SH. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pendaftaran Kejuaraan Bulu Tangkis Kelompok Umur, Antarpelajar SMA/Sderajat dan Antarmahasiswa bertajuk USM Open 2024, akan ditutup pada Minggu (28/4/2024).

Bagi atlet yang akan mengikuti event ini diminta segera mendaftarkan diri, karena kuota peserta dibatasi hanya sampai 800 atlet.

Kejuaraan yang diselenggarakan setiap tahun itu, akan digelar di Gelora USM Prof Sudarto SH, yang ada di Jalan Soekarno-Hatta, Semarang, pada 6-11 Mei mendatang. Berbeda dengan penyelenggaraan bulu tangkis USM Open sebelumnya, yang masih dalam lingkup Jawa Tengah, tahun ini skala jangkauannya lebih luas, yaitu Nasional seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Solo Kota Pertama Pergelaran Supermusic Superstar Intimate Session 2024

Dari sisi kepesertaan, USM Open 2024 bakal diikuti atlet bulu tangkis anggota klub pembinaan untuk kelompok usia Dini sampai Remaja se-Tanah Air. Demikian juga untuk kategori Pelajar SMA/K/Sederajat dan Mahasiswa, bersifat terbuka untuk tingkat Nasional.

Menurut Ketua Panitia, Ahmad Muhaimin, USM Open 2024 diprediksikan bakal lebih semarak, karena melibatkan pebulutangkis dari berbagai pelosok negeri. Pertandingan pun akan lebih kompetitif.

”Hal ini sebagai bentuk sumbangsih dan bakti kepada negeri dari USM, khususnya dalam pembibitan serta kemajuan pembinaan bulu tangkis. Siapa tahu lewat event ini, ada mutiara terpendam yang muncul,” kata Muhaimin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/4/2024).

BACA JUGA: Angka Kecelakaan Arus Mudik dan Balik 2024 Turun 43 Persen, Sebanyak 1.416 Pelanggar Ditindak

Adapun nomor yang dipertandingkan di kelompok umur pada USM Open, meliputi Tunggal Usia Dini Dasar Pa/Pi, Tunggal Anak Dasar Pa/Pi, Tunggal Pemula Dasar Pa/Pi, Tunggal Remaja Dasar Pa/Pi, Tunggal Dini Madya Pa/Pi.

Lalau ada juga Tunggal Anak Madya Pa/Pi, Tunggal Pemula Madya Pa/Pi, Tunggal Remaja Madya Pa/Pi, Ganda Anak Madya Pa/Pi, Ganda Pemula Madya Pa/Pi/Mix, Ganda Remaja Madya Pa/Pi/Mix, Tunggal Usia Dini Utama Pa/Pi, Tunggal Anak Utama Pa/Pi, Tunggal Pemula Utama Pa/Pi.

Selanjutnya, Tunggal Remaja Utama Pa/Pi, Ganda Dini Utama Pa/Pi, Ganda Anak Utama Pa/Pi, Ganda Pemula Utama Pa/Pi, Ganda Remaja Utama Pa/Pi, Tunggal SMA/Sederajat Pa/Pi, Ganda SMA/Sederajat Pa/Pi/Mix, Tunggal Mahasiswa Pa/Pi, dan Ganda Mahasiswa Pa/Pi/Mix.

BACA JUGA: Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Siap Menuju ZI-WBK

”Untuk kelompok Dasar hanya boleh diikuti pemain Kota Semarang. Sedangkan kelompok Madya bisa diikuti pemain klub se-Jateng. Untuk juara di kelompok Dasar dan Madya, kami tidak menyediakan hadiah uang pembinaan, namun tetap mendapatkan piagam dan medali,” jelasnya.

Dia menambahkan, bagi Juara I di kelompok pelajar SMA/Sederajat untuk tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran, disediakan beasiswa kuliah gratis di Universitas Semarang (USM).

Ditambahkan Muhaimin, yang menarik dalam event ini yakni digelarnya nomor beregu antarkelurahan se-Kota Semarang. Tujuan diadakannya nomor ini, sebagai ajang silaturahmi antarwarga sekaligus mengolahragakan masyarakat, guna membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat dan bugar.

BACA JUGA: Kanwil Kemenkumham Jateng Beri Pembinaan Tugas dan Fungsi MPD Kedu Selatan 

”Bulu tangkis antarkelurahan merupakan sebuah terobosan, setelah dua kali kami menggelar tingkat antar-RW. Kami juga mengakomodasi masukan dan saran dari masyarakat,” ungkap dia.

Adapun ketentuan nomor beregu antarkelurahan, mempertandingkan tiga nomor ganda, dimana setiap ganda bisa pasangan putra, putri, atau campuran. Setiap pemain dilarang main rangkap, dan usia bebas.

”Pendaftaran peserta untuk kelompok umur ditutup Minggu (28/4/2024), sedangkan untuk beregu antarkelurahan ditutup Selasa (30/4/2024). Undian dilaksanakan pada Rabu (1/5/2024), sedangkan Manager Meeting dilaksanakan Minggu (5/5/2024).

Riyan