Imam Buchori SAg MSi (pegang bendera), melepas keberangkatan tiga buah bus beserta para penumpangnya, untuk arus balik 2024, jurusan Jakarta dan Bandung. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf (Kabid Penais) Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Imam Buchori SAg MSi, melepas keberangkatan tiga buah bus beserta para penumpangnya untuk arus balik 2024, jurusan Jakarta dan Bandung.

Upacara atau seremoni pelepasan sekaligus pemberangkatan tiga buah bus bantuan Kanwil Kemenag Jateng itu, dilakukan di Komplek Asrama Haji Transit Manyaran, Semarang, Jumat (19/4/2024).

Dalam keterangannya sebelum upacara pelepasan, Imam Buchori meminta para waga Jateng yang selama ini merantau di Jakarta dan Bandung, untuk menjadi agen persatuan Nasional.

BACA JUGA: Hendak Panen Padi, Warga Gombong Meninggal Tersambar KA Taksaka

Tiga buah bus bantuan Kanwil Kemenag Jateng, bersiap mengantar penumpang arus balik Lebaran 2024, tujuan Jakarta dan Bandung. Foto: riyan

”Jadilah agen persatuan Nasional di tanah rantau,” kata dia, sebelum mengibaskan bendera start, tanda pelepasan tepat pukul 09.00 WIB itu.

Hadir dalam acara ini, para Kepala Kantor Kemenag se-eks Karesidenan Semarang, yakni Kendal, Demak, Grobogan, Salatiga, dan Kabupaten Semarang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kanwil Kemenag Jateng membantu sebanyak 20 bus untuk penumpang arus balik, dengan tujuan Jakarta dan Bandung. Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad mengatakan, bus gratis itu untuk perjalanan balik usai mudik Lebaran.

BACA JUGA: PMI Kebumen Bantu Korban Tanah Longsor di Sruweng

”Ini merupakan program dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, guna membantu masyarakat secara langsung. Untuk titik keberangkatannya dibagi menjadi enam lokasi, menyesuaikan jumlah karesidenan di Jawa Tengah,” terang Musta’in, saat itu.

Enam titik keberangkatan itu yakni, Karesidenan Semarang di Asrama Haji Transit Manyaran Kota Semarang, Karesidenan Solo (Asrama Haji Donohudan Boyolali), Karesidenan Banyumas (Kantor Kemenag Banyumas), Karesidenan Pati (Kantor Kemenag Rembang), Karesidenan Kedu (Kantor Kemenag Kabupaten Magelang), Karesidenan Pekalongan (Kantor Kemenag Pemalang).

Untuk tujuan Jakarta disediakan 16 bus, dan Bandung empat bus. Bus tujuan Jakarta masing-masing dari Solo lima unit, Semarang (2), Pemalang (2), Banyumas (2), Rembang (2) dan Magelang (2). Untuk empat bus jurusan Bandung, yakni Solo 2 unit, Pemalang (1) dan Kota Semarang (1).

Riyan