Kombes Pol. Irwan Anwar, S.I.K., S.H, M.Hum, Kapolrestabes Semarang menerima kunjungan resmi jajaran Komnas HAM dan peserta Festival HAM di ruang Presisi Comand Centre Mapolrestabes Semarang, Jumat (19/11/2021). Foto Dok Humas Polrestabes Semarang.  Foto: Dok Humas Polrestabes Semarang)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jajaran Komnas HAM dan peserta Festival HAM berkunjung ke Polrestabes Semarang, Jumat (19/11/2021). Para tamu ini diterima di Lobi depan Ruang PCC (Presisi Comand Centre)

Kunjungan yang merupakan rangkaian Kegiatan Trip Site Visit Festival HAM Tahun 2021 di Kota Semarang tersebut, dihadiri oleh Ketua Komnas HAM RI Drs. Ahmad Taufan Damanik, M.A, Wakil Ketua Internal Komnas HAM RI Munafrizal Manan, Komisioner Komnas HAM RI Sandrayati Moniaga dan diikuti sekitar 125 Orang peserta festival HAM.

Peserta Festival HAM di terima langsung oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar, S.I.K., S.H, M.Hum., bersama Wakapolrestabes Semarang AKBP I. G. A. Dwi Perbawa Nugraha, S.I.K., M.Si., dan PJU Polrestabes Semarang, berkesempatan mengunjungi inovasi kreatif yang telah dibuat Polrestabes Semarang dalam kecepatan pelayanan Masyarakat yaitu “Aplikasi LIBAS (Polisi Hebat Semarang)”.

Dalam sambutannya, Kapolrestabes Semarang menyampaikan, pelayanan yang ada di Jajaran Polrestabes Semarang saat ini, benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dan kondisi Polrestabes saat ini, memang jauh berbeda dari kondisi terdahulu. Apalagi terhadap masyarakat berkebutuhan khusus, yang kita jadikan sebagai pelayanan prioritas.

“Mereka (masyarakat berkebutuhan khusus) kami layani dengan baik. Terutama bagi masyarakat yang akan mengurus SIM, SKCK ataupun surat kehilangan. Mereka kami fasilitasi,” jelas Kombes Irwan Anwar

Polrestabes telah meluncurkan Aplikasi LIBAS, lanjutnya, yang bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat ini, merupakan salah satu trobosan pelayanan kepada masyarakat dan dapat di manfaatkan untuk kebutuhan menyampaikan informasi atau kejadian, sehingga masyarakat dapat ikut berperan aktif untuk ikut serta menjaga keamanan di Kota Semarang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar menerima kunjungan para tamu peserta Festoval HAM. Foto: ISt

“Masyarakat dengan sangat mudah bisa melaporkan kejadian di lingkungannya, karena aplikasi LIBAS ini bisa diunduh secara gratis dari Playstore maupun App Store,” imbuhnya

Aplikasi LIBAS, ungkap Kapolrestabes, memiliki sederet manfaat lebih, diantaranya adanya program layanan kesehatan darurat, program pemantauan melalui cctv sampai ketingkat RT, sistem pelaporan diri sendiri, ada tombol panik, tersedia team Elang Hebat Semarang (TEBAS) dan lainnya.

“Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri serta dapat memudahkan masyarakat apabila membutuhkan.” pungkas Kapolrestabes.

Ketua Komnas HAM RI Drs. Ahmad Taufan Damanik, M.A., menyampaikan sangat bangga dapat berkunjung ke Polrestabes Semarang.

Kami sangat berbangga dapat berkunjung ke Polrestabes Semarang untuk itu diharapkan ke depan saling bahu membahu dan bekerja sama dalam penegakan hukum di Indonesia,” ungkapnya.

Diakhir acara, Kapolrestabes Semarang menunjukan dapur aplikasi Libas kepada Peserta Festival Komnas HAM, di Ruang PCC (Presisi Comand Centre) yang diluncurkan pada 8 Mei 2021 lalu.

Absa