blank
Dua perawat ruangan isolasi di Rung Teratai RSUD RA Kartini yang hari ini merawat 5 pasien PDP. ( Foto : Kanal Budiarto - Humas RS RA Kartini Jepara

JEPARA(SUARABARU.ID)- Hingga Sabtu (25/4-2020)  sore ini, sudah ditemukan  29 warga yang teridentifikasi pernah kontak langsung jarak dekat   dengan pasien  remaja asal Kecamatan Mayong tersebut. Mereka terdiri dari keluarga inti, tetangga dekat dan teman sekolah di sebuah SLTA swasta di wilayah tersebut.

blank
dr Fakhrudin, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jepara

Hasil pelacakan tim  tersebut disampaikan oleh  Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jepara dr Fakhrudin, Sabtu (25/4/2020). Penelusuran kontak dekat ini dimulai dari Ring 1, 2, dan 3.

Sampai hari ini  sudah ada 29 warga yang telah  teridentifikasi pernah melakukan kontak jarak  dekat sejak yang bersangkutan dirawat di rumah sakit Kudus tanggal 11 April 2024.

Menurut Fakhrudin, untuk Ring I merupakan keluarga inti yang berinterkasi secara  rutin tiap hari. Jumlahnya   ada 5 orang dan telah dilakukan pemeriksaan rapid test. “Jika hasil rapid test positif akan kita tingkatkan dengan pemeriksaan spesimen tenggorokan mulut dan hidung dengan swab,” ujarnya.

Sedangkan Ring 2 adalah tetangga dekat yang sempat menjenguk pasien saat berada di rumah mulai tanggal 18 – 23 April sebanyak 18 orang dan Ring 3  adalah 6 teman sekolah yang pernah kontak langsung. “Mereka menjenguk saat pasien pulang dari rawat inap,” ujar Fakhruddin

Dijelaskan oleh Fakhrudin, Gugus Tugas Covid-19 juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah pasien tersebut. Selain itu, diharapkan kepada masyarakat yang pernah melakukan kontak dan belum masuk daftar tracing untuk segera melapor kepada pihak desa atau satgas.

Diberitakan sebelumnya, kepastian remaja putri yang sekolah di sebuah SLTA swasta di Mayong ini didapat setelah hasil test swab keluar Rabu (22/4-2020) malam. Ia sebelumnya dirawat di sebuah rumah sakit swasta di Kudus dari tanggal 11-17 April 2020.

Saat ini, remaja berusia 17  tahun tersebut dirawat di ruang isolasi khusus bagi penderita covid-19  RS Rehatta Kelet. Juga dirawat pasien Covid-19 asal Kecamatan Nalumsari.

Sementara itu dari situs Gugus Tugas diperoleh informasi, saat ini terdapat 8 orang pasien PDP. Dari jumlah tersebut 5 orang dirawat di ruang isolasi RSUD RA Kartini dan 1 orang di RS PKU Muhamadiyah Mayong  serta 2 orang dirawat di rumah sakit luar daerah.

Hadepe

blank

blank

blank