blank
Air es. Foto: Dok/iStock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Benarkah minum air es akan bikin gemuk? Ada anggapan bahwa sering minum air es bisa bikin gemuk. Bahkan, air es bisa menambah kadar lemak dalam tubuh sehingga berat badan pun bertambah. Apakah hal tersebut benar?

Minum air es saat cuaca panas tentu menyegarkan dan bisa melepas dahaga seketika. Namun, ada yang bilang jika minum air es jadi bikin gemuk. Anggapan ini membuat ragu sebagian orang untuk meminumnya, terutama bagi orang yang sedang diet.

Melansir dari Alodokter, anggapan minum air es bikin gemuk adalah hal yang keliru. Untuk menambah bobot tubuh, kamu perlu mengonsumsi makanan atau minuman berkalori yang mengandung lemak, karbohidrat, atau protein. Namun, ketiga kandungan tersebut tidak ditemukan di dalam air es.

Sama seperti air bersuhu normal, air es atau air putih dingin tidak mengandung kalori. Air es justru mengandung sejumlah mineral, seperti kalsium, magnesium, zinc, natrium, dan tembaga, yang baik untuk kesehatan.

Artinya, minum air es tidak bikin gemuk, karena air es tidak mengandung kalori yang bisa menambah berat badan. Malahan, sering minum air es justru dipercaya bisa memangkas bobot tubuh kamu.

Anggapan ini berasal dari penelitian yang menyatakan kalau saat minum air es, tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk menyesuaikan suhu air yang diminum dengan suhu tubuh. Oleh karena itu, minum air es bisa membakar sedikit kalori.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa minum air es bikin gemuk tidaklah benar. Selama kamu hanya minum air putih dingin saja, pertambahan berat badan tidak akan terjadi.

Namun, kalau kamu menambahkan sirop aneka rasa di dalam air es, minuman ini tentu akan mengandung kalori yang dapat menyumbang pertambahan berat badan. Apalagi jika minuman ini ditambah campuran lain, seperti buah-buahan atau nata de coco.

Sudah dapat jawabannya, kan? Jika kamu memiliki pertanyaan seputar minum air es dan hubungannya dengan pertambahan berat badan atau tentang manfaat minum air es untuk kesehatan lainnya, jangan ragu untuk bertanya ke dokter!

Ning S