blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kepiting adalah salah satu hewan krustasea yang populer dikonsumsi oleh masyarakat. Kepiting terbagi atas dua habitat yaitu disepanjang daerah pasang surut dan di perairan laut. Kepiting yang hidup di perairan laut adalah kepiting yang memiliki kaki renang dan kepiting yang hidup di pesisir memiliki kaki jalan.

Hewan satu ini dikenal memiliki daging yang lembut dan memiliki citarasa gurih apabila dimasak. Kendati memiliki cangkang yang keras, kepiting juga seringkali ditemukan dibudidayakan guna diambil dagingnya.

Hewan yang memiliki capit untuk pertahanan diri dan mencari makan tersebut ternyata juga memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi.

Baca Juga: Kamu Aleregi Seafood? Yuk Kenali Gejala, Penanganan, dan Cara Pencegahnnya

Dilansir dari Suara.com selain nutrisi di atas, manfaat kepiting juga berasal dari asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, selenium, mangan, yodium, zinc, vitamin B kompleks, serta omega-3. Mengonsumsi 100 gram kepiting sudah dapat memenuhi 45 persen kebutuhan omega-3 harian tubuh.

Berikut 3 manfaat dari mengonsumsi daging kepiting dikutip dari laman halodoc.com dan artikel kesehatan relevan lainnya.

1. Mampu Mencegah Anemia

Kepiting merupakan salah satu jenis makanan seafood yang kaya akan nutrisi. Melansir dari data yang dirilis oleh USDA Food Data Central, dalam setiap 100 gram daging kepiting terdapat sekitar 13,8 gram protein, 3, 8 gram lemak dan 151 kalori.

Baca Juga: Resep Seafood Bakar Jimbaran Dengan Sambal Matah, Terasi dan Kecap

Tak hanya itu, kepiting juga memiliki beragam vitamin seperti vitamin B12. Menurut pemaparan dari artikel berjudul “Crab: Are There Health Benefits?”, kandungan vitamin B12 yang terdapat pada daging kepiting mampu untuk mencegah risiko anemia.

Selain itu, kandungan asal folat yang terdapat pada makanan laut seperti kepiting juga mampu menurunkan kadar defisiensi vitamin pada sel darah. Hal tersebut juga mampu meningkatkan stamina tubuh saat melakukan aktivitas harian.

2. Menjaga Kesuburan Organ Reproduksi

Daging kepiting juga baik dikonsumsi untuk tujuan menjaga kesehatan organ reproduksi. Melansir dari artikel berjudul “The nutritional and healthy facts about shellfish”, daging hewan bercangkang seperti kerang, udang atau kepiting memiliki kandungan zinc yang baik untuk merawat organ reproduksi.

Baca Juga: Resep Rahasia Capcay Seafood Spesial Imlek

Senyawa zinc yang ada dalam daging kepiting diyakini mampu menormalkan siklus menstruasi pada wanita karena dapat meningkatkan hormon tertentu.

Selain itu, zinc juga dapat berperan bagi organ kesuburan pria, yakni melapisi sel sperma dalam organ reproduksi agar mampu bertahan dari infeksi bakteri.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Hewan laut seperti kepiting juga tinggi akan kandunga asam amino omega-3 yang baik untuk kesehatan sistem saraf pada otak.

Situs kesehatan halodoc.com melansir, kandungan omega-3 tersebut cukup baik untuk menurunkan risiko menyakit seperti demensia dan Alzheimer.

Selain kandungan vitamin B2 yang terdapat pada dagingnya, kepiting juga mampu meningkatkan kondisi mood pada diri seseorang.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi daging kepiting. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia