blank
Kontingen SMK Kabupaten Wonogiri, meraih 17 gelar juara di event KOSN Cabdin VI Jateng Tahun 2020, yang digelar di Kabupaten Sragen. Ke 17 gelar juara itu, terdiri atas 5 juara 1, 8 juara 2 dan 4 juara 3.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kontingen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Wonogiri, berhasil meraih 17 gelar juara di event KOSN (Kompetensi Olahraga Siswa Nasional) tingkat Cabang Dinas (Cabdin) VI Jateng. Ke 17 gelar juara tersebut terdiri atas 5 gelar juara pertama, 8 gelar juara kedua dan 4 gelar juara tiga.

KOSN adalah istilah baru untuk event kejuaraan olahraga siswa, yang dulu dikenal sebagai O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), dan dibakukan sebagai kejuaraan resmi paling bergengsi bagi pelajar di Tanah Air. Untuk Cabdin VI Jateng, KOSN Tahun 2020 digelar di Kabupaten Sragen, Selasa (3/3). Kontingen SMK Kabupaten Wonogiri, dipimpin Drs Haryana dari SMK Negeri 1 Wonogiri, dengan melibatkan Tim MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Penjaskes (Pendidikan Jasmani Kesehatan).

Wakasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Drs Maryono, selaku angota tim menyatakan, Kontingen Wonogiri di bawah pembinaan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK Kabupaten Wonogiri pimpinan Drs Suwandi MM. Menurut Maryono, dua dari lima gelar juara pertama dipersembahkan dari cabang karate oleh Leo Andries dan Rossy Ana Fatjar R, keduanya siswa SMK Negeri 2 Wonogiri.

Panca Lomba
Berikut dua gelar juara pertama dari cabang pencak silat, dipersembahkan oleh Renaldi Feranda Putra dari SMK Pancasila 3 Baturetno, dan oleh Salma Wulan Rahmawati (SMK Negeri 1 Wonogiri). Satu gelar juara pertama lainnya, dari cabang panca lomba, dipersembahkan oleh Anggraini Eka Nur Jannah (SMK Negeri 1 Jatiroto).

 

blank
Siswi SMK Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri, Anggraini Eka Nur Jannah (tengah) meraih gelar juara pertama di cabang panca lomba. Berfoto dengan Wakasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Maryono (kanan) dan Guru Olahraga Era Teguh (kiri).
Untuk delapan gelar juara II, dua diantaranya diraih dari cabang karate oleh Ikhsan Fadillah (SMK Pancasila 3 Baturetno) dan Ana Dwi Nuryati (SMK Bhakti Mulia Wonogiri). Dari cabang pencak silat oleh Idwan Febrianto dan Catur Marga Rahayu, keduanya dari SMK Negeri 2 Wonogiri, serta dari panca lomba oleh Muchamad Dhavinsyah (SMK Negeri 1 Jatiroto).

Gelar juara dua selanjutnya diperoleh dari cabang renang oleh Inna Putri Azizah (SMK Negeri 2 Wonogiri) dan Ardiaga Bareta Putra (SMK Pancasila 2 Jatisrono). Berikut gelar juara II lainnya dari cabang bulutangkis oleh Asyerahayu Lanjarsari (SMK Negeri 2 Wonogiri).dan gelar juara II dari cabang panca lomba oleh Nilam Cahyani (SMK Negeri 1 Kismantoro).

Sementara itu, 4 gelar juara III dipersembahkan oleh Rivaldi Sidiq Pradana (SMK Negeri 1 Giritontro) dari cabang renang. Berikut dua gelar juara III dari cabang bulutangkis dipersembahkan oleh Nastasya Maduni dan M Rauf Khairudin, keduanya dari SMK Negeri 2 Wonogiri, serta dari cabang panca lomba oleh Nilam Cahyani (SMK Negeri 1 Kismantoro).

Bambang Pur