blank
Puluhan pesepeda dari berbagai komunitas mengikuti halal bihalal sekaligus memperingati Hari Bumi. (Dok

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Puluhan pesepeda Minggu (21/4) kumpul di Tugu Aniem, Kota Magelang, selanjutnya bersama-sama gowes sekaligus tanam pohon dalam rangka ‘Halal Bike Halal’. Kegiatan itu sekaligus memperingati Hari Bumi. Tema acara kali ini adalah ‘yo salam salaman yo nandur wit wit an’.

Acara diawali dengan bersalam-salaman di Tugu Aniem dan berbagi kue lebaran, dilanjutkan dengan bersepeda untuk tanam pohon di kawasan Kebun Raya Gunung Tidar.

Rute mengelilingi Alun-alun Magelang dan kemudian menyusuri jalur sepeda Jalan Pemuda-Jalan Sudirman dan finish di Kebun Raya Gunung Tidar.

Koordinator acara, Yoga dari Komunitas B2W Magelang menerangkan, acara ini masih merupakan momentum Hari Raya Idul Fitri dengan mempererat silaturahmi antar pesepeda, sekaligus membangun kepedulian terhadap bumi tempat tinggal kita.

‘’Penggunaan ranmor pribadi berbahan bakar fosil secara masif timbulkan polusi udara yang merusak lingkungan, menjadi penyebab bencana iklim. Kita harus berupaya untuk memperbaikinya. Salah satunya dengan kampanyekan bersepeda sebagai moda transportasi bebas solusi serta menanam pohon sebagai sumber oksigen,’’ ungkapnya.

Pada acara ini pesepeda diminta membawa kue lebaran dan tumbler dari rumah dengan tujuan mengurangi sampah kemasan, sekaligus untuk membangkitkan suasana lebaran di antara pesepeda.

Acara diikuti oleh puluhan pesepeda dari berbagai komunitas sepeda seperti Federal Magelang, Magelang Female Cyclist, sepeda lipat dan pesepeda nonkomunitas.

Yassir, salah satu peserta yang merupakan mahasiswa Untidar menyambut baik acara semacam ini.

Menurutnya, ‘‘Menjaga kelestarian bumi adalah tanggung jawab kita bersama sehingga kita harus peduli”.

Yassir sudah beberapa kali mengikuti acara bersepeda yang dikemas dengan kegiatan sosial yg diadakan magelangBIKE. Dia berharap, melalui kegiatan ini akan lebih banyak warga yang peduli dan turut serta dalam kegiatan serupa.

Jenis pohon yang ditanam adalah pohon beringin, pohon gayam dan pohon jambu mete. Pohon gayam dan beringin bermanfaat utk menjaga air tanah, dan pohon jambu mete kelak buahnya akan menjadi sumber pangan kera di kawasan Kebun Raya Gunung Tidar

Selalu koordinator acara, Yoga berterima kasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, BPBD Kota Magelang serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang khususnya UPT Kebun Raya Gunung Tidar, yang sudah berkolaborAKSI peringati Hari Bumi yang jatuh tiap tanggal 22 April.
Doddy Ardjono