blank
Mewakili Kapolres Wonogiri, Wakapolres Kompol Heru Sanusi (kedua dari kiri), tampil menjadi pembina upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka Hari Kesadaran Nasional.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam kurun waktu dua pekan di awal Bulan April 2024, yakni terhitung dari Tanggal 1 sampai dengan 15 April 2024, di Jateng telah terjadi tindak pidana sebanyak 564 kasus. Kasus tertinggi adalah tindak pidana narkoba, yakni sebanyak 41 perkara, dengan penyelesaian sebanyak 11 kasus.

Selanjutnya, untuk tindak pidana pencurian dengan pemberatan (currat) trjadi sebanyak 39 kasus, dengan penyelesaian sebanyak 12 perkara. Di bidang lalu lintas, telah terjadi kecelakaan sebanyak 877 kejadian, dengan korban meninggal 32 orang, luka berat 24 orang dan luka ringan 968 orang. Sedangkan untuk kerugian materiil sebanyak Rp 1.212.350.000,-

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, data gangguan Kamtibmas terkait kemunculan tindak pidana dan kecelakaan lalu lintas tersebut, disampaikan Kapolres Wonogiri yang diwakili Wakapolres Kompol Heru Sanusi, saat membacakan amanat tertulis Kapolda Jateng. Itu disampaikan, ketika tampil menjadi Pembina Upacara Bendera dalam rangka Hari Kesadaran Nasional.

Ditandaskan, dengan masih cukup tingginya jumlah tindak pidana yang terjadi, maka diperlukan perhatian dan keseriusan kita sebagai aparat penegak hukum untuk melaksanakan upaya-upaya yang memberikan effect detterence dalam penanganannya.

Kepada seluruh personel, diinstruksikan untuk mengembangkan sikap peka dan proaktif, serta dapat menganalisis dan mengantisipasi terhadap setiap perkembangan situasi. Yakni yang menjurus kepada gangguan Kamtibmas, maupun terhadap perubahan dan perkembangan di lingkungan masyarakat.

”Lakukan penegakan hukum secara transparan, dengan penanganan secara profesional, tidak diskriminatif dan tetap humanis,” tandasnya. Optimalkan berbagai pelayanan kepolisian berbasis teknologi, permudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kepolisian, jangan dipersulit.

Ikhlas

Pada bagian lain amanatnya, diserukan jangan ada pungli, laksanakan tugas dengan ikhlas, nikmati dan syukuri menjadi polisi. Tampilkam sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Jaga kesehatan dengan mengatur pola makan, tidur yang cukup dan olahraga secukupnya.

Upacara Hari Kesadaran Nasional, digelar Rabu (17/4) di Halaman Mapolres Wonogiri. Diikuti oleh para Pejabat Utama (PJU) Polres, para perwira staf serta gabungan anggota dari berbagai kesatuan dan Polsek se jajaran.

Wakapolres Wonogiri dalam amanatnya membacakan amanat Kapolda Jateng, menyampaikan terimaksih atas dedikasi dan pengabdian anggota, sehingga pelaksanaan Ops Mantab Brata 2024 dan Ops Ketupat Candi 2024 berjalan aman lancar, tanpa adanya public complain.

Upacara yang dilaksanakan ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan semangat pengabdian, memupuk disiplin, patriotisme, jiwa korsa, loyalitas. Juga mengembangtumbuhkan kebersamaan, serta memiliki makna khusus sebagai sarana untuk introspeksi dan evaluasi, tentang sejauh mana kinerja yang telah diberikan kepada organisasi, masyarakat, bangsa dan negara.
Bambang Pur