blank
Bapas Semarang gelar Halal Bihalal. Foto: Dok/Humas (18/4/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Dalam moment tersebut Bapas Semarang menyelenggarakan kegiatan halal bihalal 1445 H/2024 M.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Bapas Semarang ini diikuti oleh pimpinan dan seluruh pegawai Bapas setempat, Kamis (18/4/2024).

Kegiatan halal bihalal di Bapas Semarang menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Dalam halal bihalal tahun ini, Bapas Semarang mengusung tema “Satukan Hati Wujudkan ASN BerAKHLAK, Pemasyarakatan PASTI Berdampak”.

Kepala Bapas Semarang, Sarwito menyebut, tema ini sengaja diambil agar selaras dengan tema Hari Bakti Pemasyarakatan ke 60 yang jatuh pada tanggal 27 April 2024 yaitu “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”.

BACA JUGA: Bapas Semarang Gandeng BCA Wilayah 2 Sinau Bareng dalam Pelatihan Hospitality

Menurut Sarwito, seluruh layanan Pemasyarakatan agar mendatangkan hasil yang dirasakan langsung oleh penerima manfaat, sehingga merasakan perubahan yang nyata. Untuk itu dibutuhkan komitmen seluruh jajaran Pemasyarakatan agar terus berkinerja, memberikan pelayanan prima, serta berupaya meningkatkan motivasi dan memacu inovasi.

“Seluruh jajaran Pemasyarakatan harus mempunyai perasaan, fikiran dan tujuan yang sama dalam memajukan Pemasyarakatan,” ujarnya.

Selama melaksanakan tugas, sambungnya, terkadang timbul permasalahan yang membuat hubungan antar pegawai tidak harmonis. Hal ini tentunya akan menghambat terlaksananya tujuan suatu organisasi.

“Momentum halal bihalal mengajak seluruh jajaran khususnya pegawai Bapas Semarang untuk saling maaf memaafkan. Memupuk lagi rasa persaudaraan sehingga terwujud pegawai Bapas Semarang yang kompak, solid serta memiliki perasaan dan fikiran yang sama, yaitu mewujudkan Pemasyarakatan PASTI berdampak,” ungkap Sarwito.

BACA JUGA: Dirjenpas Reynhard Silitonga Apresiasi Layanan Terpadu Bapas Semarang

Sementara itu Pengurus Yayasan Islam Syahidin Kerobokan, Ustad H. Puryanto, S.AG yang mengisi ceramah dalam kegiatan halal bihalal ini menyampaikan pentingnya menjaga hubungan baik antar sesama manusia, sebagaimana Allah berfirman dalam Alquran Surat Ali Imran Ayat 103.

“Dan berpeganglah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepada kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara…”. (QS Ali Imran 103)

Puryanto juga mengajak seluruh pegawai Bapas Semarang yang hadir untuk mentauladani Akhlak Nabi Muhammad SAW, yaitu disiplin, jujur dan amanah.

Ning S