blank
Kepala Bapas Semarang, Sarwito (kiri) dalam pelatihan hospitality. Foto: Dok/Humas (14/3/2023)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Semarang bekerja sama dengan BCA (Bank Central Asia) Wilayah II Semarang menggelar Sinau Bareng dalam Pelatihan Hospitality.

Kegiatan yang bertema “Menjadi ASN PASTI Berakhlak, Wujudkan Pelayanan Prima, Kinerja Kemenkumham PASTI Berdampak” ini berlangsung di Aula Bapas Semarang, Kamis (14/3/2023).

Kepala Bapas Semarang, Sarwito menyampaikan, pelatihan ini penting sebagai upaya meningkatkan kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Melalui kerja sama dengan Bank BCA yang terkenal dengan keramahannya dalam melayani, tentu dapat menjadi tempat belajar bagi petugas pelayanan Bapas Semarang” ujar Sarwito.

Sarwito menyebut, meskipun BCA memiliki jenis pelayanan yang berbeda dengan Bapas Semarang, namun memiliki prinsip-prinsip yang sama dalam memberikan pelayanan.

Dalam pelatihan ini diisi paparan materi tentang pelayanan prima oleh Kusniawan Pratama selaku Officer Service Quality Wilayah BCA Semarang.

“Kita harus memaksimalkan 7 detik pertama pelayanan dengan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun,” ujar Wawan sapaan akrabnya.

Menurut Wawan, dalam memberikan pelayanan juga diperlukan empati, koneksi emosional, dan integritas, sehingga dapat menciptakan kesan layanan yang baik.

Sementara itu dalam sesi tanya jawab dilakukan diskusi berkaitan dengan pelayanan publik yang prima, dan dilanjutkan penyerahan cinderamata oleh Kabapas Semarang.

Bapas Semarang terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Ning S