blank
Joachim Loew/dok

BUKAREST – Meski berada di grup neraka, Jerman tetap percata diri. Joachim Loew, pelatih Die Mannschaft, menilai ini akan menjadi ujian bagi skuad mudanya. Der Panzer tergabung pada Grup F bersama juara bertahan Portugal, Prancis, dan pemenang play-off Islandia, Bulgaria, Hongaria, Rumania, Georgia, Belarusia, Makedonia Utara, atau.

Loew memang banyak mengandalkan pemain muda sebagai pilar utama Tim Panser. Dia berani menyingkirkan para pemain dari generasi emas yang meraih Piala Dunia 2014. Hanya kiper Manuel Neuer dan gelandang Toni Kroos yang masih dipertahankan.

Loew mengaku Manuel Neuer dan kolega bakal diuntungkan dengan status tuan rumah yang mereka sandang. Mereka akan melakoni tiga laga di Allianz Arena, Munich. “Pertandingan di Munich bakal menjadi pesta sepak bola. Untuk tim muda kami, ini menjadi tantangan berat, tapi juga motivasi besar. Ini adalah hadiah untuk kami yang menjadi juara grup pada babak kualifikasi,” ungkap Loew.

Sementara Pelatih Fernando Santos berharap Seleccao bisa mengalahkan Prancis dan Jerman sehingga memperbesar peluang lolos. “Grup ini dihuni tiga juara turnamen internasional besar terakhir. Ini grup yang keras dengan dua favorit juara, dan satu kandidat,” tutur Santos.

Di kubu Prancis, pelatih Didier Deschamps mengaku pasrah. Dia meminta timnya tidak lengah. “Ini grup yang paling berat, tapi kami harus menerimanya. Ini mewajibkan kami segera bersiap,” ujar Deschamps. (rr)