Gol tunggal Garuda Muda diciptakan oleh Komang Teguh Trisnanda yang berhasil menyambut sepakan Nathan Tjoe-A-on, melalui situasi tendangan sudut, tepat pada menit ke-45

SUARABARU.ID – Timnas Indonesia U-23 berhasil memimpin 1-0 atas Australia pada babak pertama pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis.

Gol tunggal Garuda Muda diciptakan oleh Komang Teguh Trisnanda yang berhasil menyambut sepakan Nathan Tjoe-A-on, melalui situasi tendangan sudut, tepat pada menit ke-45.

Indonesia memulai pertandingan dengan inisiatif menyerang. Pada menit kedua, Witan Sulaeman menerima umpan panjang yang kemudian diolah menjadi umpan silang untuk Jeam Kelly Sroyer, namun tendangan Sroyer berhasil ditepis oleh kiper Patrick Beach.

Peluang emas berikutnya datang dari kaki Rafael Struick, tetapi usahanya masih melebar dari sasaran gawang Australia.

Pada menit ke-21, Indonesia diberikan penalti setelah tinjauan VAR menegaskan adanya handball oleh Komang saat bola yang ditembak oleh Mohamed Toure. Namun, eksekusi penalti Toure berhasil digagalkan oleh kiper Ernando Ari, mempertahankan keunggulan Indonesia.

Setelah penyelamatan penalti, Indonesia semakin percaya diri dan menciptakan sejumlah peluang melalui Marselino Ferdinan dan Komang.

Sebelum turun minum, Indonesia mendapat tendangan sudut. Bola sundulan Muhammad Ferarri disambut oleh Nathan, yang kemudian disepak oleh Komang untuk mencetak gol. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Indonesia, dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Susunan Pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Fajar Fathurahman, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Komang Teguh Trisnanda, Nathan Tjoe-A-on, Marselino Ferdinan, Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong

Australia: Patrick Beach, Alexander Popovic, Jordan Courtney-Perkins, Jacob Italiano, Lucas Mauragis, Ryan Teague, Jake Hollman, Adrian Segecic, Keehan Jelacic, Nishan Velupillay, Mohamed Toure

Pelatih: Antony Vidmar