blank
Warga Kebumen memadati Alun-alun Pancasila untuk nobar Timnas U23 Indonesia vs Australia, Kamis (18/4) malam.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ribuan orang memadati pelataran Alun-alun Pancasila Kebumen  menonton bersama (Nobar) bareng Bupati Arif Sugiyanto dan Forkopimda pertandingan Indonesia vs Australia di Piala Asia U23  di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Qatar, Kamis malam, (18/4).

Meski sempat ada gerimis, tak menghalangi semangat warga Kebumen nobar di Alun-alun tayangan stasiun televisi swasta tersebut. Keseruan dan keramaian terasa sejak babak pertama. Apalagi Indonesia mampu unggul melawan Australia 1-0 melalui gol sundulan Komang Teguh pada menit ke-45, membelokkan tembaka Nathan Tjoa On. Sampai turun minum kedudukan masih 1-0.

Ketegangan terjadi pada menit 20, Wasit Majed Al Shamrani asal Arab Saudi menunjuk titik penalti setelah Komang Teguh tertangkap kamera handball dampak tendangan Mohamed Toure mengenai tangannya. Namun tendangan Toure mampu ditepis kiper Indonesia Ernando Ari.

Babak kedua, Nobar bareng Bupati Arif Sugiyanto semakin ramai dipadati warga. Teriakan “Ayo Indonesia,” dan sorak sorai terus menggema sebagai wujud dukungan terhadap Timnas. Bupati ikut berteriak dan berdiri dari tempat duduknya melihat keseruan pertandingan hidup dan mati.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Forkopimda menyaksikan pertandingan Indonesia vs Australia, di Alun-alun Pancasila, Kamis (18/4) malam.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

Indonesia terus digempur pada babak kedua, dan memilih untuk bertahan. Para pemain Australia berulang kali melesatkan tendangan ke arah gawang Indonesia. Namun berhasil dihalau kiper Ernando Ari bersama pasukan belakangnya. Sampai di akhir babak kedua, skuad Garuda tetap unggul 1-0.

“Alhamdulillah meski Australia nendangnya kencang-kencang kaya Kanguru, tapi masih kalah dengan cakar Garuda,”ujarnya.

Menurut Bupati, pertahanan Indonesia sudah seperti Tim Italia. Sekali melakukan serangan balik sampai ke jantung lawan. Melihat keseruan pertandingan Indonesia vs Australia di Group A, maka Pemerintah Daerah berencana kembali mengadakan nobar pada pertandingan selanjutnya.

“Insya Allah nanti kita putuskan lebih lanjut,”ucap Bupati. Kegiatan Nobar bareng Bupati ditutup dengan pemberian doorprize dari Bank Jateng untuk para penonton.

Kemenangan atas Australia membuat Timnas Indonesia U-23 mengantongi tiga poin perdana di turnamen ini. Alhasil, Timnas Indonesia U-23 pun kini untuk sementara berdiri di posisi kedua klasemen sementara.

Peringkat pertama grup A ditempati oleh Qatar yang memiliki enam poin setelah usai Indonesia  Vs Australia, tuan rumah memukul Yordania 2:1. poin dan unggul selisih gol atas Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 masih menyisakan satu laga lagi di grup A. Duel terakhir adalah Indonesia vs Yordania yang akan berlangsung pada Minggu (21/4) mendatang.

Dua tim teratas dari masing-masing grup bakal lolos ke babak perempat final. Target PSSI pada Timnas Indonesia U-23 adalah lolos ke babak perempat final, sedangkan untuk bisa berlaga di Olimpiade, Timnas Indonesia U-23 harus finis di posisi tiga besar atau masuk demi final.

Komper Wardopo