Bagikan
Sebelum bertugas melakukan pengibaran bendera pada upacara 17 Agustus, para personel Paskibra Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, ini menjalani karantina.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Para personel Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) kini menjalani karantina. Ini dilakukan, setelah mereka mengikuti serangkaian pelatihan intensif. Karantina untuk Paskibra dilakukan bagi mereka yang akan bertugas melakukan pengibaran bendera merah putih pada saat upacara Tanggal 17 Agustus 2018. Baik untuk Paskibra tingkat Kabupaten Wonogiri dan Paskibra yang akan bertugas di tingkat kecamatan se Kabupaten Wonogiri Ini dilakukan dalam rangkaian persiapan mereka, untuk tugas pengibaran bendera merah putih, pada Hari Jumat (17/8) mendatang, bersamaan dengan digelarnya upacara peringatan detik-detik HUT Ke 73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kabupaten Wonogiri, Sentot Sujarwoko, melalui Kabid Pemuda Olahraga, Joko Nugroho, menyatakan, Pemkab Wonogiri telah merekrut sebanyak 70 siswa SLTA dari berbagai SMA/MTs dan SMK di Kabupaten Wonogiri, untuk dijadikan Paskibra. Mereka akan bertugas mengibarkan bendera pada upacara peringatan detik-detik HUT Ke 73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus 2018 mendatang, dengan formasi barisan 17, barisan 8 dan barisan 45. ”Untuk tingkat kabupaten, upacara digelar di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri,” ujar Joko Nugroho.
Para personel Paskibra, sebelum dikarantina, lebih dulu mendapatkan pembekalan mental dan pemberian bekal semangat, langsung dari Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh dan Kapolres AKBP Robertho Pardede. Setelah sebelumnya, mereka dilatih secara intensif oleh para instruktur dari personel TNI Kodim 0728 bersama jajaran Polres dan dari Dinas Pemuda Olahraga. ”Rencananya, mereka akan dikukuhkan langsung oleh Pak Bupati Tanggal 16 Agustus 2018 di Pendapa Kabupaten Wonogiri,” jelas Joko Nugroho.
Untuk Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, para personel Paskibra sepenuhnya direkrut dari siswa SMK Negeri 1 Jatiroto. ”Mereka dilatih oleh para instruktur dari Koramil dan Polsek, juga mendapatkan tambahan pembekalan dari instruktur Paskibra tingkat Kabupaten Wonogiri,” jelas Kepala Sekolah (Kasek) SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi. Jumlah personel Paskibra untuk tingkat Kecamatan Jatiroto sebanyak 70 siswa. Ini sesuai dengan formasi barisan 17, 8 dan 45. Paskibra tingkat Kecamatan Jatiroto. Selama berlatih, mereka didampingi Wakasek Kesiswaan Maryono bersama Pembina Osis Bahrudin dan Nina Hartanti. Rencananya, para personel Paskibra ini, akan dikukuhkan oleh Camat Andika Krisnayana, Rabu malam (15/8).
Rencana upacara pengukuhannya akan digelar di SMK Negeri 1 Jatiroto, dengan mengundang jajaran Muspika, panitia HUT Ke 73 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kecamatan Jatiroto, bersama para orang tua siswa yang anak-anaknya terpilih menjadi Paskibra. Bersamaan itu, SMK Negeri 1 Jatiroto juga mempersiapkan korps musik drum band dengan jumlah personel sebanyak 30 siswa. Mereka dipersiapkan untuk tugas mengiringi jalannya upacara pengibaran bendera pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus 2018 mendatang.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here