blank
dr H. M. Fakhruddin

Oleh: Dr. H. M. Fakhruddin

Pentingnya sahur saat berpuasa tak hanya sunnah, namun juga banyak yang enggan untuk makan di saat sahur karena rasa kantuk yang masih menggelayut di pelupuk mata. Namun, jika kebiasaan tidak sahur di saat berpuasa dilakukan terus menerus maka bukan hal yang baik bagi kesehatan.

blank

Abu Said Al-Khudri radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda :

“Sahur itu makanan yang barokah, dan janganlah kalian meninggalkannya, walaupun hanya meneguk seteguk air, karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur.”

BACA JUGA Keistimewaan Bulan Ramadan

Oleh karenanya, usahakanlah untuk selalu sahur ketika hendak berpuasa walau seteguk air. Untuk mensiasati bisa terbangun saat sahur, berikut ini trik jitu menjadikan sahur kegiatan yang menyenangkan.

blank

  1. Jam Tidur

Karena harus bangun pada dini hari, maka jangan bertahan dengan rutinitas tidur yang biasanya mencapai tengah malam. Maka aturlah sehingga pada pukul 22 sudah bisa tidur.

  1. Perbanyak konsumsi air

Jika malas terlalu banyak mengonsumsi air putih, bisa disiasati dengan membuat sayur bening berkuah.

blank

  1. Minum jus buah

Minum jus merupakan metode efektif untuk mengonsumsi buah dengan lebih mudah dan cepat. Untuk hasil maksimal, jus buah dibuat tanpa tambahan gula.

  1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat dibutuhkan untuk memberikan tenaga pada tubuh selama puasa. Penuhi tubuh dengan jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, sehingga mampu membuat gula darah stabil dan suasana hati menjadi baik. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan pada nasi merah, ubi, atau jenis kacang-kacangan.

blank

  1. Penuhi asupan serat

Konsumsi jenis makanan mengandung serat saat sahur. Serat yang terkandung dalam sayur dan buah dapat bermanfaat untuk membersihkan usus dan kesehatan organ pencernaan lainnya.

BACA JUGA 10 Buah Pilihan Baik Dikonsumsi Saat Berpuasa

  1. Jangan kembali tidur

Pada saat tidur, tubuh juga membutuhkan sumber energi sehingga asupan saat sahur terbuang. Selain itu, badan juga jadi tidak segar lagi karena tidur yang hanya sebentar. Daripada kembali tidur akan lebih baik jika mulai beraktivitas saat pagi menjelang sampai saatnya untuk bekerja.

Penulis adalah anggota IDI Cabang Jepara FKTP BPJS Kesehatan Bangsri