blank
Kacang polong. Foto: Pixabay

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Lemak perut cukup mengganggu penampilan dan menyesakkan, bagaimana tidak? perut yang berlemak dan terlihat buncit akan membuat penampilan seseorang terlihat kurang menarik.

Bahkan saat menggunakan celana berbahan jeans kerap membuat perut terasa sesak dan kencang. Hal itu, tentu sangat tidak nyaman dan menyebalkan, dilansir dari Poskota.co.id.

Sebagai informasi, salah satu jenis lemak perut disebut lemak visceral yang di klaim sebagai faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi lainnya.

Baca Juga: Tips Aman Ngabuburit di Tempat Wisata Saat Ramadhan

Meskipun menghilangkan lemak dari area perut tidak begitu mudah, namun jangan khawatir. ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut Anda.

Melansir dari laman situs Healthline, pada Selasa (29/3/2022). Berikut adalah 5 tips efektif yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan lemak pada perut.

1. Makan makanan berprotein tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga berat badan. Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon kenyang PYY, yang dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Baca Juga: NCT Dream Aktifkan Mode Buffering Lewat “Glitch Mode”

Protein juga meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh Anda dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki sedikit lemak pada bagian perut daripada mereka yang makan diet rendah protein.

Cobalah untuk memasukkan sumber protein yang baik setiap anda makan, seperti daging, ikan, telur, produk olahan susu, protein whey, dan kacang polong.

Baca Juga: Tips dan Penyebab Kaki Terasa Dingin

2. Lakukan Latihan Aerobik (kardio)

Latihan Aerobik (cardio) merupakan salah satu cara yang cukup efektif, untuk meningkatkan kesehatan dan membakar kalori.

Sebuah studi juga mengatakan bahwa metode ini adalah salah satu bentuk latihan paling efektif untuk mengurangi lemak perut. Meski hasil yang didapat cukup beragam, karena tergantung frekuensi dan durasi program latihan yang anda lakukan sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya hasil akan terlihat.

3. Hindari Stres yang Berlebihan

Tahukah anda, bahwa stres dapat membuat Anda bertambah gemuk dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Baca Juga: Tips Hemat untuk Anak Kosan

Dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak pada perut lebih banyak.

Terutama pada wanita yang sudah memiliki pinggang besar, cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres . Peningkatan kortisol yang berlebihan dapat menambah kadar lemak di sekitar bagian tengah perut

Agar membantu mengurangi lemak perut, cobalah untuk lakukan aktivitas menyenangkan yang tentunya dapat membantu menghilangkan stres. Dengan berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif.

Baca Juga: Tumbuhkan Minat Siswa Berbahasa Inggris Ada Tipsnya

4. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Gula mengandung fruktosa, yang telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi secara berlebihan. Penyakit tersebut seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit hati berlemak.

Studi observasional menunjukkan hubungan antara asupan gula yang tinggi dapat mengakibatkan peningkatan lemak pada perut. Jika Anda benar-benar ingin mengurangi kadar lemak pada perut anda, cobalah untuk menghindari atau mengurangi makanan manis selama anda menjalani program menghilangkan lemak pada perut anda agar hasil yang didapat maksimal dan memuaskan.

5. Makan banyak serat larut

Makanan yang mengandung serat larut dapat dengan mudah menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan pada tubuh Anda.

Baca Juga: Praktisi Bagikan Tips Terhindar dari Penipuan flexing Dalam Dunia Trading

Studi menunjukkan bahwa jenis serat ini dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang, sehingga Anda secara alami makan lebih sedikit. Hal ini juga dapat menurunkan jumlah kalori yang diserap tubuh Anda dari makanan. Selain itu, serat larut juga dapat membantu melawan lemak pada perut.

Menurut sebuah studi observasional yang dilakukan pada sekitar 1.100 orang dewasa, mereka menemukan bahwa untuk setiap peningkatan 10 gram asupan serat larut, lemak pada perut akan menurun sebesar 3,7% selama dalam kurun waktu 5 tahun.

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari, seperti biji rami, mie shirataki, alpukat dan Blackberry.

Claudia