blank
Patroli Babinsa bersama Bhabinkamtibmas Desa Candi Kecamatan Todanan mengitari persawahan. Foto: Ist
BLORA (SUARABARU.ID) – Anggota TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Blora Jawa Tengah saat ini intensif, melaksanakan patroli dialogis ke kawasan persawahan.
Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan seperti curas, curat ataupun curanmor milik para petani yang ditinggal di pinggir-pinggir sawahnya.
Dalam hal ini Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Aan Hardiansyah, SH, MH menginstruksikan anggotanya untuk aktif patroli ke kawasan persawahan dan permukiman warga dengan menjalin sinergi bersama TNI Kodim 0721/Blora dan lintas sektoral lainnya.
“Anggota kita berdayakan untuk patroli blusukan di sawah dan pemukiman, terutama para Bhabinkamtibmas agar bersinergi dengan Babinsa. Dengan tujuan utama menjaga keamanan warga, serta menyampaikan imbauan protokol kesehatan untuk antisipasi covid-19,” ucap AKBP Aan Hardiansyah, Selasa, (29/03/2022).
Banyak di Sawah
Lebih lanjut, Kapolres Blora  menjelaskan bahwa sebagian besar penduduk Blora adalah petani, sehingga pada saat musim panen dan tanam padi banyak warga yang menghabiskan waktu beraktivitas di sawah guna bercocok tanam, dengan mengendarai kendaraan bermotor.
“Berdasarkan pantauan anggota di lapangan, banyak sepeda motor diparkir di tepi jalan area persawahan. Maka dari itu instruksi ini sangat perlu dilakukan guna mencegah terjadinya kasus curanmor,” ungkap Kapolres Blora.
Dan sekarang ini, lanjut AKBP Aan, saat ini sepeda motor menjadi sarana transportasi favorit untuk hilir mudik dari rumah ke area persawahan, imbuhnya.
Menidaklanjuti instruksi Kapolres Blora tersebut, Bhabinkamtibmas desa Candi Kepolisian Sektor (Polsek) Todanan Bripka Pasidin dan Babinsa Koramil 14/Todanan Serda Era Yuli sambang ke kawasan persawahan setempat.
Sementara itu, Kapolsek Todanan AKP Daknyo menyampaikan  sesuai instruksi dari Kapolres Blora, bahwa patroli telah di arahkan mengitari wilayah persawahan dan pemukiman penduduk guna mengantisipasi terjadinya kasus curanmor.
AKP Daknyo mengungkapkan patroli kepolisian telah rutin dilaksanakan bersama anggota Koramil, namun saat musim tanam dan panen seperti saat ini lebih ditingkatkan ke area persawahan dan pemukiman penduduk.
“Area persawahan dewasa ini ramai oleh warga, di sisi lain pemukiman warga sepi ditinggalkan pemilik rumah untuk bekerja di sawah. Hal itulah yang harus kita antisipasi dengan patroli untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan,” tandas Kapolsek.
Dijelaskan oleh Anggota Koramil 14/Todanan, Babinsa Koramil 14/Todanan Serda Era Yuli
terjun kesawah, bersama Bhabinkamtibmas Desa Candi Kecamatan Todanan melakukan pengamanan di area persawahan ini sudah menjadi kegiatan rutin.
“Kita kompak untuk rutin mengamankan area persawahan, agar gak ada  pencurian,” kata Babinsa Serda Era Yuli.
Pada kesempatan itu, Samat, pemilik Lahan Sawah di desa Candi, menyatakan terimakasih kepada  Babinsa yang berperan aktif membantu mengamankan area persawahan.
“Kami maupun masyarakat desa Candi. Mengucapkan terima kasih kepada pak Babinsa dan pak Bhabinkamtibmas, kekompakan ini perlu dipertahankan,” harap
Kegiatanan anggota Koramil dan Polsek Todanan ini sangat positif, lanjut Samat, karena warga Desa Candi, sangat terbantu, warga desa merasa nyaman dan tenang pergi ke sawah.
“Terima kasih Pak Polisi kita diingatkan untuk waspada curanmor. Dengan kehadiran pak Polisi dan pak Tentara kami menjadi lebih tenang,” kata Samat.
Kudnadi