blank
Paket Harian

JEPARA (SUARABARU.ID) -Setiap dua pekan sekali, KPM PKH Desa Singorojo khususnya tim Kordes (Koordinasi Desa) dan kedua asistennya menyelenggarakan kegiatan Paket Harian untuk memenuhi kebutuhan anggotanya yang dikhususkan bagi penerima manfaat PKH (19/3-2022).

blank
Paket kebutuhan harian

Paket Harian ini terinisiasi atas kepedulian bersama saat Temu KUBE-PKH Desa Singorojo beberapa hari yang lalu. Temu KUBE-PKH Desa Singorojo setiap satu bulan sekali pada pekan ketiga di hari Ahad siang membahas berbagai persoalan dan kendala yang dihadapi Kelompok Usaha Bersama bentukan PKH di Desa Singorojo.

“Kami merasa malu setiap FDS bersama pendamping sosial PKH kami selalu memberikan motivasi pemberdayaan dan kemandirian demi tercipta kesejahteraan. Minimal untuk kami secara personal. Apa yang kami dapatkan dari bansos PKH dengan edukasi oleh pendamping sosial PKH, kami menjadikannya modal untuk usaha pribadi,” ujar Nailin Nafisah, Kordes Singorojo.

BACA JUGA Potensi Lokal Jepara Jadi Inspirasi Gubernur Gorontalo, Sekda Pamer Kemampuan Warga Jepara

“Tidak hanya itu. Kami setiap hari membeli barang kebutuhan rumah tangga seperti sabun, shampoo, pasta gigi, deterjen, dan lain-lain khususnya barang cepat habis di toko sebelah. Kini dengan kami menjadi KPM PKH, kami diedukasi untuk pembelian barang-barang kebutuhan rumah tangga untuk dikelola secara kolektif dan dikelola kami secara personal, ” tutur Muji Rosikah yang juga asisten 2 Kordes Singorojo.

blank
bantuan paket harian

“Jadi singkatnya, misal kami belanjakan uang Rp. 20 ribu ke toko tetangga untuk membeli keperluan rumah tangga tadi, kini dengan jumlah uang yang sama kami kelola untuk program Paket Harian di tingkat Desa oleh Tim Kordes Singorojo,” imbuh Nor Farida asisten 1 Kordes Singorojo.

Paket Harian yang diinisiasi oleh Tim Kordes Singorojo sebesar Rp[.  20 ribu/KPM PKH isinya terdiri atas deterjen Rp. 5000, sabun cuci piring Rp. 5000, shampoo Rp. 5000 dan penyedap makanan Rp. 5000. Kolaborasi antara kordes, asisten 1, dan asisten 2 menjadikan program Paket Harian ini dapat berjalan dengan luar biasa.

BACA JUGAPuncak Harlah Fatayat NU Ke-72 di Jepara Dimeriahkan Festival Budaya dan Kreativitas

Setelah dibelanjakan oleh tim Kordes, barang-barang tadi dikemas di rumah kemas Singorojo dan kemudian didistribusikan ke seluruh KPM PKH Desa Singorojo. Ini implementasi janji KPM.

“Kami berharap program positif ini dapat berjalan walau kami sudah graduasi mandiri dari PKH. Paket Harian ini kami canangkan pada bulan Februari kemarin pada Temu KUBE-PKH di salah satu rumah anggota kami,” pangkas Kordes Singorojo.

Alvaros – Ary