blank
Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat pengalungan syal tenun Troso kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

JEPARA (SUARABARU.ID) – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengakui produk-produk lokal di Jepara lebih unggul dan berdaya saing. Khususnya sektor industri kerajinan dan pengolahan, seperti ukiran kayu, serta kain tenun maupun batik.

”Saya tertarik dengan Jepara. Kota tempat kelahiran RA Kartini ini  terkenal dengan produk-produk khasnya,” ujarnya saat diterima Sekda Jepara Edy Sujatmiko di Peringgitan Pendopo Kartini Jepara.

blank
Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat menyerahkan cinderamata batik Jepara pada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja  ke Jepara  Sabtu (19/3/2022). Rusli yang didampingi istrinya, Idah Syahidah ingin belajar serta menjalin kerja sama dengan Kabupaten Jepara. Termasuk terkait dengan pengelolaan pariwisata.

Harapannya bisa menciptakan dan meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat Gorontalo. “Saya berkeinginan mengundang UMKM sini untuk ke sana dan sebaliknya guna bermitra dalam usaha,”  ujar  Gubernur Rusli Habibie

blank
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dialog dengan salah satu pengusaha Jepara

Warga Jepara Kreatif

Sekda Jepara Edy Sujatmiko yang mewakili bupati, mengapresiasi kunjungan Gubernur Gorontalo bersama rombongan. Terkait keinginan belajar mengukir, pihaknya pun mempersilakan termasuk untuk bermitra dalam usaha. Oleh sebab itu, pada kesempatan itu ia turut menghadirkan pimpinan organisasi bisnis, dan pelaku wisata.

Sekda juga mengungkapkan bahwa warga memiliki keunikan tersendiri. Sabab semuanya bisa berkreasi dalam mengolah bahan baku. Terbukti, dari industri mebel mampu menyumbang devisa sebesar Rp 2,2 triliun. “Yang ekspor kurang lebih ada sekitar 200 pengrajin, dengan tujuan lebih dari 165 negara,” ujarnya.

blank
Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat menyambut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan rombongan

Di samping itu, lanjut Edy, hampir semua desa menjadi sentra penghasil produk khas. Seperti Desa Mulyoharjo dengan kerajinan patung, Nalumsari ada gebyok, Senenan dengan ukir relief tiga dimensi, hingga Desa Kriyan dengan kerajinan monel. “Ada pula pengrajin kain tenun di Desa Troso, batik di kelurahan Panggang, dan sentra roti di Bugo,” terang Sekda.

Sebelumnya, kedatangan rombongan Gubernur Gorontalo disambut dengan pengalungan syal tenun Troso oleh Sekda Jepara. Dilanjutkan Gubernur, memberikan dan memakaikan Upiah Karanji, peci khas Gorontalo kepada Sekda.

Hadepe