blank
Salah seorang peserta lomba Mendongeng sedang beraksi, dalam acara Lomba Kreasi dan Prestasi Antarsiswa SD/MI se-Kecamatan Dawe, di SMP Negeri 1 Dawe, Kudus. Foto: dok/ist

KUDUS (SUARABARU.ID)– SMP Negeri 1 Dawe, Kudus, menggelar Lomba Kreasi dan Prestasi Antarsiswa SD/MI se-Kecamatan Dawe, di lapangan dan aula sekolah, pada Jumat (18/3/2022).

Kegiatan yang diikuti lebih dari 10 SD/MI di Kecamatan Dawe itu, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gelar Kreasi dan Prestasi SMP 1 Dawe Tahun 2022. Beberapa lomba itu adalah, Mendongeng, OSN Matematika, Tari, Kreasi Tradisi, Solo Song, dan Tilawah.

”Kegiatan ini pertama diselenggarakan di SMP Negeri 1 Dawe. Harapan kami, acara ini tetap dilaksanakan dan jenis lomba yang diadakan bertambah,” ujar Kepala SMP Negeri 1 Dawe, Ana Eqi Astuti MPd, di sela-sela acara.

BACA JUGA: Potensi Lokal Jepara Jadi Inspirasi Gubernur Gorontalo, Sekda Pamer Kemampuan Warga Jepara

Dengan adanya lomba ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan kreativitas serta mengasah kemampuan dan kompetensinya, dalam berbagai bidang yang dilombakan. Selain itu, kegiatan ini digelar untuk menjawab keresahan para guru, akan berkurangnya kegiatan yang mendidik siswa untuk berkompetisi secara positif.

Sementara itu, Titah Wikanthi SPd, guru SD Negeri 2 Japan, menyambut baik dan menyampaikan apresiasinya kepada SMP Negeri 1 Dawe, yang sudah menyelenggarakan acara ini. ”Selama pandemi tidak pernah ada even untuk menampilkan kemampuan siswa,” ungkap Titah.

Setelah melalui beberapa penilaian, dewan juri menentukan tiga pemenang di tiap-tiap cabang lomba. Untuk lomba Mendongeng, Juara I, II dan III diraih Desti Triyana (SD 2 Kajar), Misda Eva Rahayu (SD 1 Colo), Khusniatil Lailatil Sa’adah (MI Hidayatul Mustafiidin).

BACA JUGA: Ekspedisi Malimpa UMS ke Gunung Gandangdewata, Puncak Tertinggi Kedua di Sulawesi

Juara I, II dan III Olimpiade Sains Matematika diraih Nahmadu Dzuriyat (SD 1 Colo), Intan Feny Nuraini (SD 6 Cendono), Muhammad Rakha Adnan (SD 2 Rejosari). Pemenang lomba Tilawah I, II dan III Zahwa Adib (MI NU Tarbiyatul Athfal), Zalva An Nisa (MI Hidayatul Mustafidin), dan Fathir Nur Majid (SD 2 Japan).

Pemenang lomba Solo Song Juara I, II dan III adalah Muhammad Gilang Pratama (SD 1 Samirejo), Gisella Neysha Chistyne (SD 3 Rejosari), dan Dina Carisa (SD 1 Colo). Juara lomba Tradisi adalah, MI NU Tarbiyatul Athfal, MI Hidayatul Mustafidin, dan SD 2 Kajar.

Selain lomba antar-SD, juga digelar lomba antarsiswa peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Dawe. Antara lain sepak bola, bola voli, dan bulu tangkis. Selain itu, juga diselenggarakan lomba senam antarkelas, bazaar, serta pentas seni.

Riyan

Baca Juga: 5 Tradisi Ruwahan di Kudus untuk Menyongsong Datangnya Bulan Ramadan