blank
Dani Iswandi saat mengadakan pembinaan di rumahnya

JEPARA (SUARABARU.ID) – Meskipun dalam masa pemulihan akibat kecelakaan, tak menyurutkan SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Jepara Kecamatan Kalinyamatan Dani Iswadi untuk tetap melaksanakan kegiatan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2), disebut pula Family Developmen Session (FDS).

blank
Peserta KPM dalam kegiatan P2K2

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 1 tahun 2018  menyebutkan bahwa pelaksanaan P2K2 oleh pendamping sosial PKH bersama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH berlangsung 1 bulan sekali.

Atas dasar inilah, kegiatan P2K2 belum lama ini diikuti oleh seluruh anggota kelompok Manohara 2 sejumlah 28 KPM dan Manohara 3 sejumlah 25 KPM di Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

BACA JUGA Literasi Digital Kunci Sukses Merdeka Belajar

“Saya tetap mengadakan P2K2 di bulan Maret ini mengingat KPM PKH perlu diedukasi dan advokasi sosial mengenai perubahan kebijakan bansos BPNT Bantuan Sosial Pangan tahun 2022 yang diberikan triwulan sekali di tahap 1 tahun 2022 yaitu bulan Januari, Februari, dan Maret. Secara teknis penerimaan dan penggunaannya dijelaskan di pertemuan ini,” ungkap Dani Iswadi atau akrab disapa Dani Sambora.

Dani juga menyampaikan mengenai perubahan mekanisme sistem penyaluran bansos BPNT. “Perubahan mekanisme dan sistem penyaluran bansos BPNT yg sebelumnya melalui agen Himbara, kini KPM BPNT yang di dalamnya terdapat KPM PKH  mengambil bansos sembako melalui PT. Pos Indonesia. Selanjutnya, KPM harus melaporkan pembelanjaan sembako senilai 600 ribu tersebut kepada pendamping sosial PKH,” tambahnya.

Selain pembahasan mengenai perubahan mekanisme dan sistem penyaluran bansos BPNT, peserta KPM juga membahas kasus tidak cairnya bansos PKH dari KPM PKH.

Dani Iswadi menanggapi hasil temuan kasus saldo bansos PKH nol. Sebab ternyata KPM PKH tidak memiliki ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial (Kemensos).

BACA JUGA Bupati Jepara Wayangan Gempur Rokok Ilegal di Parang

Kegiatan P2K2 ini, menurut Dani, telah mengimplementasikan apa yang termaktub dalam yel-yel PKH: SDM PKH…..! SIP (Santun, Integritas, Profesional).

Alvaros – Ari