Kegiatan workshop 1000 Hari Pertama Kelahiran dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional ke 62 dengan mengambil tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas, digelar Fatipa Unisri bersama Dinkes Kota Surakarta , Selasa (25/1). Foto: Dok/Humas Unisri

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta bersama Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta menggelar aksi Cegah Stunting dan Obesitas.

Workshop 1.000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) dalam rangka peringatan hari gizi nasional ke 62 diikuti 185 peserta dan dibuka Kepala DKK Surakarta, dr. Siti Wahyuningsih, M. Kes., M. H, serta berlangsung di Auditorium Unisri Surakarta, Selasa (25/1).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, dr. Siti Wahyuningsih, M. Kes., M. H, dalam sambutannya mengatakan, kita perlu memikirkan masa depan anak bangsa dalam estafet pembangunan, masalah stunting menjadi masalah nasional. Pihaknya berharap adanya kader-kader di kota Surakarta dapat saling bahu membahu dalam mengentaskan stunting.

Kami berharap dengan adanya kader-kader di kota Surakarta untuk saling bahu membahu dalam mengentaskan stunting,” tandasnya.

Sementara itu Dekan Fatipa, Dr. Nanik Suhartatik, dalam sambutannya menyambut baik kerja sama antarafakultas yang dipimpin  dengan DKK Surakarta.

Kerja sama kedua belah pihak sebenarnya sudah terjalin sejak lama dalam kegiatan penelitian maupun pengabdian.

Workshop ini merupakan komitmen Dinkes dan juga Fatipa untuk bersama sama mengentaskan stunting di wilayah Surakarta.

“Beberapa waktu lalu Fatipa mengirim mahasiswa pada kegiatan KKN tematik, dalam program pencegahan stunting di wilayah kecamatan Semanggi. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama dengan DKK juga,” terangnya.

Pada kesempatan sebelumnya Ketua Pelaksana, dr. Titik Asmi melaporkan, kegiatan dihadiri 185 peserta terdiri kader kesehatan se kota Surakarta, petugas gizi puskesmas, TP PKK kota dan kecamatan dan lintas program DKK.

Penyelenggaran workshop bertujuan meningkatkan pengetahuan kader kesehatan mengenai pencegahan dan penanganan stunting dan obesitas terutama pada kelompok balita.

Serta meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting dan Obesitas pada balita.

“Dalam kegiatan kami hadirkan dua narasumber yakni dr. Cahalafa Shinta Caesar, M. SC. Sp. A yang akan memaparkan materi tentang stunting dan Obesitas pada balita.Juga Dr. Yani Asrie Widanti S. TP., M. Gizi akan memberi materi tentang Pangan fungsional untuk pencegahan stunting dan obesitas,” jelasnya.

Bagus Adji