blank
Bukit Piramid, dinamakan demikian karena ada bangunan berbentuk piramid di tempat ini. Di kawasan ini nantinya pengunjung bisa berparalayang. Foto: brisik.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kota Semarang bakal punya destinasi wisata olahraga paralayang. Tempat yang dipilih sebagai lokasi ada di wilayah Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang.

Pasalnya, akses jalan yang nyaman akan mempermudah masyarakat menjangkau lokasi yang berdekatan dengan Bukit Piramida Rowosari tersebut.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan, jika nantinya di lokasi tersebut akan dilakukan pembangunan jalan lapis beton secara bertahap oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang.

“Wisata paralayang di daerah perumahan Rowosari ini masih ada persoalan jalannya rusak. Tadi kita cek panjangnya sekitar 2 kilometer,” kata Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi ini usai meninjau langsung lokasi, Rabu (12/1/2022).

blank
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meninjau akses jalan menuju destinasi wisata baru olahraga paralayang di Rowosari Kecamatan Tembalang, Rabu (12/1/2022). Foto: Ist

Selain untuk destinasi wisata baru, bukit Rowosari sendiri juga dinilai cocok untuk berlatih dan meningkatkan skill paralayang para atlet. Potensi destinasi wisata paralayang ini sudah didirikan sejak tahun 2005 silam.

Terdapat dua jalur untuk menuju lokasi tersebut di antaranya melalui Rowosari atas dan belakang kabupaten Demak Kawasan Mranggen Selatan dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer ke lokasi Bukit Paralayang.

Sementara itu, Pengelola Bukit Piramida Rowosari, Suharyanto, menyebutkan bahwa mayoritas pengunjung didominasi para atlet paralayang. Harga yang ditawarkan oleh pengelola sebesar dua ratus ribu rupiah untuk satu orang dengan didampingi oleh pelatih.

Selama waktu tempuh 3 sampai 10 menit, pengunjung dapat menikmati pemandangan cantik berupa Bukit Piramida dan pemandangan Kota Semarang.

Suharyanto berharap ke depan Bukit Paralayang ini akan dikembangkan oleh pemerintah daerah agar dapat menjadi pusat destinasi wisata “outdoor activity” di Kota Semarang yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas outdoor lain, seperti off road, camping, flying fox dan lainnya.

Hery Priyono