SDN Ungaran 1 Kabupaten Semarang yang menjadi pelopor SSK di Jateng, saat dikunjungi tim BKKBN Jateng dan DP3AKB Kabupaten Semarang. Foto: dok/ist

UNGARAN (SUARABARU.ID)– Sekolah Dasar Negeri Ungaran 1 Kabupaten Semarang, kini menjadi pelopor Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Jawa Tengah.

Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Perwakilan Jateng, Harlin Is Ambarwati mengatakan, SD Negeri Ungaran 1 merupakan SSK pertama tingkat SD yang terbentuk. Selama ini SSK di tingkat SMP dan SMA yang sudah terbentuk.

”Program SSK mengintegrasikan isu-isu kependudukan ke mata pelajaran yang telah ada di sekolah. Jadi tidak menambah mata pelajaran baru,” ujar Herlin, pada peresmian SDN Ungaran 1 sebagai SSK di Ungaran, Kamis (11/11/2021).

BACA JUGA: Longsor di Ketep, Polsek Sawangan Pasang Garis Polisi dan Rambu Petunjuk Jalan

Disampaikan dia, penyampaian isu kependudukan dalam mata pelajaran disesuaikan dengan tingkatan usia siswa. Dia mencontohkan, siswa kelas I sampai dengan kelas IV, dapat diajarkan cara menjaga kebersihan, makan makanan yang sehat. Dengan materi itu diharapkan dapat mencegah stunting (gagal tumbuh) sejak usia dini.

Sedangkan bagi siswa kelas V dan VI, lanjut Harlin, dapat diajarkan materi tentang fase pubertas menuju usia remaja.

”Pemerintah menitipkan isu-isu kependudukan itu lewat jalur sekolah, karena dinilai sangat strategis. Satuan pendidikan dapat memberikan pengajaran guna menciptakan generasi muda yang punya kompetensi, dan memiliki pengetahuan memadai tentang kependudukan,” terangnya.

BACA JUGA: 6 Titik Tanah Longsor, Menutup Jalur Wisata Solo- Selo – Boyolali

Harlin menegaskan, pelaksanaan SSK harus dilakukan bekerja sama dengan instansi terkait. Bahkan pihak kepolisian pun dapat dilibatkan, guna mencegah terjadinya kenakalan anak dan penyimpangan perilaku pra remaja lainnya.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Kabupaten Semarang, Romlah menyatakan, lewat SSK diharapkan dapat diciptakan generasi muda yang punya sikap dan pengetahuan bermutu.

”Kita berharap, program SSK ini dapat menciptakan generasi emas pada saat perayaan ulang tahun kemerdekaan RI ke-100, tahun 2045 mendatang,” tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, sudah dirintis pembentukan satu SSK tingkat SD di 19 kecamatan. Sedangkan di tingkat SMP dirintis di tujuh sekolah di Ungaran, yakni di Pringapus, Sumowono, Ambarawa, Pabelan, Suruh, dan Tengaran.

Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here