blank
Patroli polisi Todanan di toko emas, pasar tradisional, kantor dan sekolahan. Selasa, 23 April 2024.  Foto: Kudnadi Saputro Blora
𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Kepolisian Resor (Polres)  Blora Polda Jawa Tengah melaksanakan kegiatan rutin kepolisian, salah satunya adalah patroli ke objek vital dan pusat keramaian masyarakat, untuk mewaspadai tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya di wilayah Kabupaten Blora.
Patroli dilakukan dari tingkat Polres hingga Polsek jajaran di 16 kecamatan se-kabupaten Blora, seperti yang dilakukan oleh satu regu Patroli Polsek Todanan.  Selasa, (23/4/2024).
Selain menyasar toko perhiasan (emas), patroli anggota Polsek Todanan juga menyasar objek vital seperti kantor perbankan, sekolah, tempat ibadah, gerai ATM, serta pusat keramaian masyarakat lainnya yakni pasar tradisional.
Kapolsek Todanan Polres Blora, Iptu Joko Sulistya menjelaskan bahwa patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi kejahatan konvensional seperti pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) di wilayah Todanan.
”Kegiatan patroli dan sambang kamtibmas adalah instruksi langsung dari Bapak Kapolres Blora untuk antisipasi tindak kriminal, salah satunya di toko emas agar situasi aman dan kondusif,” ujar Iptu Joko Sulistya.
Kapolsek Todanan menyebutkan, patroli di seluruh objek vital di wilayah hukum Polsek Todanan sudah rutin dilakukan baik pagi, siang, sore dan malam, imbuh Iptu Joko Sulistya.
Pada kegiatan ini, Kapolsek Todanan juga  menyampaikan, imbauan kamtibmas kepada pemilik, karyawan dan petugas keamanan di toko emas yang berada di pasar tradisional kecamatan Todanan agar selalu waspada guna mengantisipasi terjadinya tindak kriminal.
”Kami imbau mereka agar hati hati dan waspada, pastikan kamera CCTV yang terpasang dalam kondisi aktif dan jika terjadi sesuatu segera mungkin menghubungi kantor polisi setempat,” kata Kapolsek Todanan.
“Tak lupa, petugas kepolisian mengimbau, warga agar waspada terhadap peredaran uang palsu, terutama saat bertransaksi di pasar tradisional, para pedagang pada umumnya belum mempunyai alat pendeteksi keaslian uang,” tandas Kapolsek Todanan.
Patroli yang dilakukan oleh anggota Polsek Todanan Polres Blora tersebut mendapat tanggapan positif dari warga, salah satunya adalah Santoso.
“Dengan adanya petugas polisi yang patroli, kami merasa lebih tenang, apalagi saat ada transaksi jual beli emas,” ucap  Santoso. Kudnadi Saputro