blank
Salah seorang mahasiswi selaku pengisi materi, mempraktikkan diri sebagai presenter pada dua siswa SMKN 1 Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), menggelar Pelatihan Presenter di SMK Negeri 1 Semarang, Selasa (23/4/2024).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 33 mahasiswa jurusan Broadcasting dan Film. Hadir sebagai narasumber, Nazahra Septia, Ridho Azam, Aliffiya Indri, dan Angga Nailul.

Ketua Panitia, Bintang Yunka mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang dunia presenter. Kegiatan diawali dengan pre-test, guna mengevaluasi pemahaman peserta sebelum diberikan materi.

BACA JUGA: PSIS Jaga Peluang Tempati Posisi 4 Besar

”Peserta pelatihan merasa sangat antusias dan terbantu, dalam setiap sesi yang diberikan para mahasiswa USM. Mereka mengaku mendapat banyak inspirasi, untuk meningkatkan kemampuannya sebagai presenter,” ujarnya.

Menurut guru SMKN 1 Semarang, Eko Nuraini, kegiatan tidak hanya memberikan manfaat kepada peserta, tetapi juga mendapat apresiasi yang tinggi dari pihak sekolah.

”Semoga ke depan akan ada lebih banyak kerja sama antara universitas dan sekolah, dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan mahasiswa. Sehingga menciptakan generasi penerus yang lebih kompeten, dalam berkomunikasi dan menjadi presenter yang sukses,” ujar Eko.

BACA JUGA: Gelar Benchmark Exit Strategy, PLN UIK Tanjung Jati B Dorong Mitra Binaan Semakin Mandiri

Sementara itu, dalam materinya Nazahra menyampaikan, presenter itu harus memiliki persiapan skill dan public speaking yang baik. Selain itu juga, menguasai teknik vokal, kontak mata, gesture atau posisi tangan, ekspresi wajah yang rileks, bersahabat, dan ramah. ”Presenter TV harus berpenampilan menarik, dan suara yang enak didengar,” pesannya.

Menurutnya, suara sangat berperan penting dalam penampilan presenter televisi. Suara yang enak didengar, akan memudahkan penonton menerima informasi yang disampaikan. Semua orang memiliki suara, tetapi tidak semua orang memiliki suara yang enak didengar.

”Untuk itu, perlu juga bagi seorang presenter untuk berlatih mengolah suara. Presenter televisi juga harus memiliki kepribadian yang baik. Dia akan menjadi public figure dan akan menjadi pusat perhatian,” ungkapnya.

Riyan