blank
Bupati  Blora menekan tombol peluncuran penggunaan Portal Satu Data di ruang Ruang Pertemuan Setda Blora. Foto: ISt

BLORA (SUARABARU.ID)  – Bupati H Arief Rohman SIP, MSi, bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., pada Jumat (04/06/2021) melaunching penggunaan Portal Satu Data yang disiapkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo)  bekerjasama dengan OPD terkait.

Bertempat di Ruang Pertemuan Setda Blora, launching juga disaksikan Sekda Komang Gede Irawadi SE, MSi, serta Kepala OPD hingga para camat. Acara dilangsungkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Peluncuran dilakukan bupati dengan menekan layar video wall yang terpasang di dalam ruangan, yang menampilkan video pendek profil portal Satu Data Blora.

Kepala Dinkominfo Blora, Drs Sugiyono MSi menyampaikan, portal Satu Data Blora adalah sebuah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah, yang masuk sebagai salah satu program 99 hari kerja Bupati Arief Rohman dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati.

“Satu Data ini memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data. Mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagikan antar instansi pusat dan daerah, secara terintegrasi,” ucap Sugiyono.

Selain itu menurutnya juga untuk mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data. “Semua data pemerintahan, kondisi sosial, ekonomi, budaya hingga statistik kependudukan dan lain sebagainya tersaji semua dalam portal ini. Pembaharuan datanya pun bisa dilakukan secara berkala. Jadi tidak hanya data dinamis, namun juga data statis. Portalnya bisa diakses melalui laman https://data.blorakab.go.id/,” tambah Sugiyono.

Sementara itu, Sekda Blora Komang Gede Irawadi menjelaskan bahwa adanya portal Satu Data Blora ini diharapkan ke depan bisa menjadi embrio pendirian Command Center. Menurut Sekda, Blora memang butuh ketepatan data yang terintegrasi dengan seluruh OPD agar Bupati dalam menentukan kebijakan bisa sesuai sasaran.

“Apalagi Pak Bupati dan Bu Wakil sangat paham teknologi dan aktif media sosial, sehingga data yang akurat sangat perlu kita sajikan dalam command center,” ungkap Sekda Blora.

Bupati Arief Rohman didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati lantas mengucapkan terimakasih dan berharap portal Satu Data Blora ini bisa terus dikembangkan dan dilanjutkan agar Command Center bisa benar-benar diwujudkan.