Membangun Fondasi Pendidikan Anak Usia Dini dengan Menghargai Proses.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, Dosen PGPAUD Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara menyelenggarakan penyuluhan dengan tema “Membangun Fondasi Pendidikan Anak Usia Dini dengan Menghargai Proses”.

Pentingnya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengalami proses belajar secara alami dan menyenangkan.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari mulai 25 s.d. 26 April 2024 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua dan pendidik tentang pentingnya memberikan ruang bagi anak-anak untuk belajar tanpa tuntutan dan paksaan.

Dalam penyuluhan ini, narasumber utama, Dina Amalia, S.Pd., M.Pd., menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengalami proses belajar secara alami dan menyenangkan.

“Anak-anak pada usia dini memiliki daya serap yang tinggi. Oleh karena itu, sebagai orang tua dan pendidik, kita perlu memberikan pengalaman belajar yang positif dan menyenangkan, tanpa memberikan tekanan yang berlebihan,” ujar Dina.

Selain itu, pendekatan tanpa tuntutan dan paksaan juga dianggap dapat meningkatkan kreativitas dan minat belajar anak. “Dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk mengeksplorasi dunia sekitar anak, anak akan belajar dengan lebih efektif dan mempertahankan minat terhadap pembelajaran,” tambahnya.

Penyuluhan ini dihadiri oleh puluhan orang tua dan pendidik dari KB Cendekia Bapangan. Mereka menyambut baik informasi dan saran yang disampaikan oleh narasumber, serta berkomitmen untuk menerapkan pendekatan tersebut dalam mendidik anak-anak di rumah maupun di lembaga pendidikan.

Dengan penyuluhan ini, diharapkan akan terjadi perubahan paradigma dalam pendidikan anak usia dini, di mana proses belajar dihargai dan dipahami sebagai bagian penting dalam membentuk fondasi pendidikan yang kokoh bagi generasi mendatang.

ua/dina.a