blank
Kurma. foto: jabar.poskota

(SUARABARU.ID)- Bulan suci Ramadhan tentu saja identic dengan buah asal Arab apalagi jika bukan Kurma. Mengonsumsi kurma untuk buka puasa merupakan hal yang dianjurkan, terutama karena manfaat yang bisa didapatkan dari buah bercita rasa manis itu.

Jika mengikuti Sunnah Rasulullah kita disunahkan untuk mengkonsumsi kurma dengan jumlah ganjil yakni 3, 5, atau 7 disunnahkan saat berbuka puasa. Nah, selamat menjalankan ibadah puasa.

Seperti dilansir jabar.poskota.co.id, beberapa manfaat mengkonsumsi kurma untuk berbuka puasa, antara lain:

Baca Juga: Ramalan Zodiak Besok Jumat 16 April 2021, Leo Kembali Pada Tujuan, Pisces Jadi Diri Sendiri

1. Menjaga kesehatan tulang
Kurma dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang dengan menjaga massanya agar tetap padat. Terutama bermanfaat bagi wanita yang jelang usia menopause. Nutrisi bernama kalium. Kalium akan membantu menjaga massa tulang tetap padat.

2. Menyehatkan otak
Buah kurma memiliki lebih dari dua miligram kolin, jenis vitamin B yang merupakan komponen dalam asetilkolin, neurotransmitter memori. Manfaatnya menyehatkan otak, meningkatkan kemampuan memori, sampai mencegah Alzheimer.

3. Antioksidan
Terdapat antioksidan yang jumlahnya cukup banyak per butir buah kurma, sehingga bermanfaat untuk mencegah peradangan. Jenisnya adalah antosianidin dan karotenoid pada kurma segar, dan polifenol pada kurma kering. Kurma Khalas dibuktikan memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

Baca Juga: Serial Kisah untuk Geri Full Episode, Tonton di WeTV dan Iflix Sekarang

4. Turunkan tekanan darah
Kurma mengandung magnesium adalah yang membantu menurunkan tekanan darah dengan membantu pelebaran pembuluh darah. Kurma mengandung sampai 80 miligram per butir, sehingga baik untuk penderita hipertensi.

5. Seimbangkan gula darah
Kadar gula darah mudah turun drastis saat puasa. Namun kurma memiliki dampak glikemik yang rendah sehingga membantu penderita diabetes tipe-2 kembalikan gula darah mereka ke posisi aman. Untuk anda yang diabetes anda juga tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi kurma

Itulah beberapa manfaat berbuka puasa dengan kurma.

Claudia